Sukses

Beauty

Awas, Punya Asma Berisiko Keropos Tulang

Ladies, salah satu hal yang wajib Anda lakukan untuk bisa hidup nyaman adalah menjaga kesehatan. Namun jika Anda sudah dari lahir menderita penyakit, salah satunya asma, maka Anda harus bisa beradaptasi dengan baik dan menjaga penyakit tersebut agar tidak mengganggu kehidupan Anda.

Nah, banyak hal yang perlu diperhatikan orang asma jika mereka mau melakukan sesuatu, karena bisa saja gejala datang tiba-tiba tanpa diduga. Untung saja sekarang sudah banyak obat asma sehingga penderita asma tidak terlalu khawatir terjadinya serangan asma mendadak.

Namun ternyata ada hal lain mengenai asma yang perlu Anda ketahui, Ladies. Sebuah penelitian yang dilansir dari news.health.com menemukan bahwa orang-orang dengan penyakit asma bisa berisiko lebih tinggi dari keropos tulang. Meski memang belum pasti kedua penyakit tersebut bisa berhubungan erat, namun diduga penggunaan jangka panjang kortikosteroid dalam pengobatan asma merupakan faktor risiko osteoporosis.

Kortisteroid sendiri merupakan salah satu obat untuk penderita asma yang sering dipakai untuk meredakan gejala dan mencegah gejala datang berulang. Para peneliti tersebut telah mempelajari lebih dari 7000 orang penderita asma dan menemukan bahwa mereka memiliki kepadatan tulang yang rendah daripada mereka yang tanpa penyakit asma.

Hal ini juga bisa dipicu oleh kurangnya asupan vitamin D dan kalsium dan mungkin juga dipengaruhi oleh ras. Namun meski obat steroid bisa mengancam kepadatan tulang, namun obat steroid sangat diperlukan penderita asma bahkan erat kaitannya dengan kelangsungan hidup mereka.

Jadi, tidak ada alasan kuat untuk menghentikan pemakaian obat asma dan konsultasi terus dengan dokter mengenai keadaan Anda. Yang bisa dilakukan adalah menambah asupan makanan kaya vitamin D, dan kalsium, protein serta fosfor untuk mencegah keropos tulang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading