Sukses

Beauty

Jenis Sakit Kepala Yang Sering Mengganggu Aktivitas Anda

Setiap orang pernah mengalami yang namanya sakit kepala. Entah sakit kepala yang ringan yang dapat disembuhkan dengan istirahat atau bahkan sakit kepala karena gejala penyakit tertentu. Akan tetapi, jika sakit kepala sudah datang, tentu hal tersebut akan mengganggu aktivitas Anda.

Lantas, apa sih yang menyebabkan sakit kepala?

Berdasarkan penyebabnya, sakit atau nyeri kepala dibagi menjadi nyeri kepala primer dan nyeri kepala sekunder, seperti yang dijelaskan oleh dr. Fransisca Alvionita dari MeetDoctor.com. Nyeri kepala primer adalah nyeri kepala yang tidak jelas ada kelainan anatomi dan sejenisnya. Sedangkan nyeri kepala sekunder adalah nyeri kepala yang jelas karena adanya kelainan anatomi dan sejenisnya serta bersifat kronis patologis progresif.

Nyeri kepala primer sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, namun yang paling sering ada 3 yaitu:
MigrainĀ yaitu nyeri kepala sebelah. Rasanya seperti berdenyut-denyut. Penderita migrain biasanya sensitif terhadap cahaya, suara maupun bau. Beberapa hal dapat menjadi pemicu migrain antara lain terlalu lelah atau stress. Biasa dialami oleh wanita usia dewasa. Aktvitas akan memperberat keluhan, bahkan beberapa penderita bisa muntah. Keluhan bisa berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari.

Tension Type Headache merupakan nyeri kepala yang sering dialami semua orang. Sensasi nyeri yang dirasakan yaitu otot tegang seperti terikat tali kencang, dari dahi hingga leher. Biasanya disebabkan karena stress atau kelelahan. Keluhan akan membaik dengan istirahat.

Cluster Headache. Nyeri kepala pada daerah sekitar mata dan pelipis. Rasanya seperti tertusuk-tusuk dan biasanya disertai dengan gejala lain, seperti hidung tersumbat, mata merah dan berair di salah satu mata yang sakit, kelopak mata menutup. Umumnya Cluster Headache lebih banyak diderita oleh pria usia dewasa muda (20-40 tahun). Keluhan berlangsung singkat beberapa menit hingga jam. Pemicu adalah alkohol, stres dan makanan tertentu.

  • Nyeri kepala sekunder biasa disebabkan karena beberapa hal, antara lain:
  • Infeksi (meningitis, ensefalitis)
  • Tumor otak
  • Stroke
  • Kelainan pembuluh darah otak, contohnya aneurisma
  • Cedera kepala

Nah Ladies, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter jika sakit kepala mulai menyerang dan mengganggu aktivitas Anda.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading