Sukses

Beauty

Para Ilmuwan Percaya Fenomena Mati Suri Memang Ada

Mati suri adalah sebuah kondisi di mana seseorang mengalami kematian sesaat, kemudian hidup kembali. Fenomena ini terjadi di banyak negara dan kepercayaan. Setelah lama menjadi cerita-cerita lawas, para ilmuwan membuktikanĀ  bahwa fenomena ini memang ada, walaupun belum ada penjelasan pasti bagaimana mati suri terjadi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan diĀ  University of Southampton membuktikan bahwa fenomena mati suri atau mereka menyebutnya near-death memang bisa terjadi. Mereka melakukan penelitian pada beberapa pasien serangan jantung dari 15 rumah sakit di Inggris, Amerika Serikat dan Austria. Para ilmuwan menemukan bahwa 40 persen pasien tersebut mengalami mati suri, dilansir oleh Dailymail.co.uk.

"Bukti dari penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa menit setelah meninggal, kesadaran seseorang tetap ada. Apakah kesadaran itu memudar setelah beberapa lama, kami belum tahu, tapi sesaat setelah kematian, kesadaran itu tidak hilang," ujar Dr Sam Parnia, salah satu peneliti.

Bahkan, seorang relawan berusia 57 tahun menceritakan bahwa dia mengalami kondisi keluar dari tubuh setelah jantungnya berhenti berdetak. Dia bercerita bahwa dirinya melayang dan melihat bagaimana tim dokter berusaha membuat jantungnya kembali berdetak. Semua yang dia ceritakan sama persis seperti yang terjadi, hingga jantung relawan itu kembali berdetak dan dia kembali berada di dalam tubuhnya.

"Kami tahu orang tidak dapat berfungsi setelah jantung berhenti berdetak. Tetapi dalam kasus ini, kesadaran tampaknya terus ada sampai 3 menit setelah jantung tidak berdetak, otak akan mati setelah 20-30 detik jantung berhenti berdetak," ujar Dr Sam.

Beberapa pasien yang mengalami mati suri mengatakan bahwa mereka mengalami sensasi melihat cahaya putih atau binar-binar cahaya keemasan saat dirinya dinyatakan meninggal. Sebagian pasien mengalami halusinasi mengerikan seperti terseret arus kuat di lautan, hingga akhirnya mereka hidup kembali.

Fenomena ini masih akan menjadi penelitian para ilmuwan, untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuh yang sesungguhnya saat fenomena mati suri terjadi.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading