Sukses

Beauty

6 Teknik Belajar Seru yang Nggak Gampang Bikin Stres

Sering merasa stres karena belajar atau mengerjakan tugas kuliah? Pada saat-saat tertentu kita pasti pernah merasa tertekan atau stres saat sedang belajar. Mencoba memahami sebuah materi pun terkadang begitu menyiksa. Lalu apa yang harus dilakukan agar tidak mudah stres saat belajar? Yuk, simak 6 teknik serunya di bawah ini.

1. Mencatat dengan Tangan
Dilansir dari huffingtonpost.com, ada enam tips sukses agar bisa belajar dengan lebih mudah. Dua orang profesor dari Washington University di St. Louis bernama Henry Roediger dan Mark McDaniel serta seorang penulis bernama Peter Brown merangkum tips sukses belajar yang didasarkan pada jurnal-jurnal ilmiah yang dipublikasikan selam beberapa tahun terakhir dalam sebuah buku berjudul Make It Stick: The Science of Successful Learning. Dan tips pertama adalah mencatat dengan tangan.

Roediger mengungkapkan bahwa menulis dengan tangan akan membuat kita berpikir lebih keras tentang materi yang kita tulis. Berbeda dengan mengetik, menulis dengan tangan terasa lebih lambat dan ini memberi kesempatan bagi kita untuk mencerna apa yang kita tulis lebih seksama. Selalu siapkan kertas dan pena untuk mencatat hal-hal penting yang Anda pelajari setiap saat.

2. Jangan 'Dipelajari', Tapi Praktikkan!
Tak perlu membaca materi yang sama selama puluhan kali. Dalam salah satu penelitian Roediger, orang-orang yang mengerjakan sebuah tes (ketika mempelajari sesuatu) bisa mengerjakan tes berikutnya dengan lebih mudah.

“As long as we have life, we must keep learning.”― Lailah Gifty Akita


Latihlah otak Anda untuk mempraktikkan informasi yang baru Anda terima. Salah satu caranya adalah dengan mengerjakan soal-soal atau langsung mempraktikkan apa yang baru saja Anda pelajari. Mempraktikkan sesuatu membuat otak berlatih untuk mengingat sesuatu sekaligus memperoleh kembali informasi yang pernah dipelajari.

3. Beri Jeda Waktu
Mempelajari semua hal dalam satu waktu yang bersama akan membuat kita lebih mudah lupa akan semua hal yang kita pelajari tersebut. Roediger menyarankan untuk memberikan jeda waktu belajar karena cara ini bisa membantu kita untuk mengingat sesuatu dalam jangka waktu lama.

“Life is learning process. We must keep learning.” ― Lailah Gifty Akita


4. Tidur Setelah Belajar
Otak kita butuh waktu untuk menerima dan memproses semua informasi yang kita peroleh. Jadi luangkan waktu untuk tidur setelah belajar.

5. Pelajari Berbagai Subjek dalam Satu Hari
Anda akan ujian biologi dan fisika akhir pekan ini. Dan waktu yang tersisa tinggal tiga hari lagi, ugh! Roediger menyarankan untuk meluangkan waktu setiap harinya untuk mempelajari setiap subjek--bukan satu hari untuk belajar hanya satu subjek. Jadi dalam satu hari, luangkan waktu untuk belajar biologi dan fisika, bukan sehari belajar fisika lalu sehari lagi belajar biologi.

Tapi ini bisa saja berbeda setiap orang. Karena gaya belajar dan kemampuan setiap orang untuk belajar biasanya berbeda satu sama lain.

6. Membuat Soal Sendiri
Setelah mempelajari sesuatu, buatlah soal-soal atau ujian untuk diri Anda sendiri. Cara ini bisa lebih ampuh daripada hanya sekadar membaca materi yang sama berulang kali.

Belajar seharusnya jadi aktivitas yang menyenangkan karena kita jadi bisa mengetahui banyak hal baru. Tapi jika kegiatan belajar jadi hal yang membuat tertekan dan depresi, Anda bisa coba untuk melakukan teknik-teknik seru seperti yang di atas.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading