Sukses

Beauty

5 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Dan Kreativitas

Kesehatan bukan hanya berkutat pada fisik saja, tubuh Anda juga punya jiwa yang harus dijaga kesehatannya. Pikiran, mental dan batin adalah roh yang juga melengkapi raga Anda, jadi kesehatan mental juga sangat penting diperhatikan. Jika tidak, bukan tidak mungkin Anda akan berakhir dengan keputusan membunuh diri Anda sendiri.

Menurut healthmeup.com, beberapa aktivitas harian yang dilakukan rutin bisa membantu menyehatkan mental serta meningkatkan kreativitas yang akan memperkuat produktivitas Anda dalam bekerja. Beberapa cara tersebut antara lain adalah dengan

    Tenangkan pikiran

    Perlu sekali memiliki waktu istirahat untuk tubuh dan pikiran Anda. Jika Anda mulai jengah dan tertekan dengan segala tuntutan dari kantor, Anda sebaiknya memiliki waktu untuk melakukan yoga, atau meditasi atau bisa juga setengah jam saja untuk melakukan latihan pernapasan pagi hari dengan menghadar matahari. Hal ini akan membuat pikiran Anda lebih positif dan segar.

    Baca buku

    Beberapa dari Anda mungkin tidak terlalu menyukai buku atau tidak punya hobi membaca, namun apa salahnya mencoba hal baru? Membaca buku akan menambah pengetahuan Anda. Membaca buku seperti novel, bisa membuat Anda membayangkan cerita dalam buku dan mengimajinasikan berbagai hal. Anda akan merasa ikut terbawa cerita, bahkan seakan sedang melihat film. Pilih bacaan yang memang Anda sukai.

    Melatih pikiran

    Bebebapa orang mungkin tidak terlalu suka duduk lama untuk membaca dan ingin mencoba hal yang lebih logis seperti memecahkan masalah matematika atau menyusun puzzle, rubik atau main scrable. Anda juga bisa melakukan hal itu jika itu justru membuat Anda lebih rileks.

    Bebaskan keingintahuan Anda

    Anda mungkin sering bertanya saat Anda masih kecil, namun tiba-tiba kebiasaan itu pudar seiring Anda beranjak dewasa. jangan menghentikan keingintahuan Anda dan bersikap acuh. Justru keingintahuan itulah yang akan menuntun Anda dalam berbagai pengalaman menarik dan mengasah mental serta kreativitas Anda.

    Batasi nonton tv

    Hal inilah yang sebaiknya dibatasi. Jika Anda nonton tv sesekali memang baik, namun jangan menjadikan acara nonton tv sebagai sumber hiburan utama Anda dan bermala-malasan di sofa. Seringkali tv malah memberikan dampak negatif dan tidak memberikan perkembangan untuk kreativitas Anda.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu kan apa yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental sekaligus meningkatkan kreativitas otak Anda?



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading