Sukses

Beauty

Tips Membuat Tumit Halus dan Anti Pecah-Pecah

Kulit kaki pecah-pecah bisa bikin wanita pusing. Meski terkesan remeh, tapi jadi bingung juga saat harus memilih alas kaki. Maunya pakai open toe shoes atau sandal cantik favorit, jadi batal deh karena nggak mau memperlihatkan kaki kering, kusam dan terkesan ada 'retak-retaknya'.

Dalam artikel berikut ini Vemale akan menyajikan sederet tips alami yang bisa Anda praktekkan untuk mengatasi tumit atau bagian kaki yang kering dan pecah-pecah agar senantiasa halus dan lembut. Anda nggak perlu bingung lagi pilih alas kaki nih Ladies. Ayo simak tipsnya berikut ini.

(vem/ivy)

Cara Alami Mendapatkan Tumit Kaki yang Mulus dengan Buah Pisang

Sering merasa jengkel dengan masalah tumit kaki yang pecah-pecah? Sering jalan kaki atau jarang memakai alas kaki ketika jalan kaki bisa membuat kulit di tumit kaki ini pecah-pecah. Dan jika kulit kaki pecah-pecah, penampilan pun jadi tidak cantik. Bahkan bisa membuat kita tak percaya diri ketika harus berjalan tanpa alas kaki.

Tapi tak perlu khawatir. Ada solusi mudah dengan memanfaatkan bahan alami untuk mendapatkan tumit kaki yang mulus dan cantik. Caranya adalah dengan memanfaatkan buah pisang dan madu. Seperti yang dilansir oleh hellonatural.co, pisang bisa menjadi pelembut kulit yang sangat efektif. Selain itu, buah pisang juga bisa mempermudah proses pengelupasan sel-sel kulit mati.

Untuk membuat krim kaki ini, Anda bisa mencampurkan 1/2 buah pisang dan tambahkan beberapa tetes madu. Campurkan kedua bahan hingga merata. Lalu oleskan ke bagian kaki atau kulit tumit kaki yang pecah-pecah. Setelah itu, tutup dengan plastik. Diamkan selama 10 menit, baru bersihkan kaki Anda.

Buah pisang, selain bisa bermanfaat untuk melembutkan kulit kaki juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Cara untuk membuat masker rambut ini, adalah dengan mencampurkan 1 buah pisang, 1 butir telur, 1 sdm madu, dan 1/2 buah alpukat. Campurkan semua bahan, lalu gunakan masker ini ke rambut sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 30 menit baru cuci bersih dengan sampo.

Cara Alami Atasi Tumit Kering dan Mengelupas

Mengenakan sandal jepit ke mana-mana memang sangat nyaman, demikian juga dengan bertelanjang kaki. Sayangnya kenyamanan itu harus diganggu dengan tumit kering dan mengelupas, yang apabila dibiarkan terkadang terasa pedih.

Mengatasi problem kecantikan yang satu ini tak harus ribet dan mahal. Dengan berbekal bahan-bahan di dapur, Anda bisa mengembalikan tumit menjadi halus kembali.

Dilansir StyleCraze.com, inilah beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk mengembalikan kelembaban kulit Anda.

Ramuan 1.

Bahan: garam, jeruk nipis, air mawar

Caranya:

Campur semua bahan jadi satu hingga seperti masker. Kemudian massage pada bagian tumit yang kasar dan mengelupas. Biarkan sejenak kemudian rendam di dalam air hangat.

Ramuan 2.

Bahan: madu

Caranya:

Masukkan 2-3 sdm madu ke dalam air hangat dan rendam kaki Anda 15-20 menit sambil dimassage.

Ramuan 3.

Bahan: tepung beras, madu dan cuka apel

Caranya:

Campurkan 2-3 sdm tepung beras dengan 2 sdt madu dan 1 sdt cuka apel sehingga terbentuk pasta kental. Kemudian aplikasikan di bagian tumit Anda. Rendam kaki di dalam air hangat dan massage sisa pasta di dalam air.

Ramuan 4.

Bahan: minyak zaitun

Caranya:

Massage minyak zaitun pada tumit, pakai kaus kaki dan biarkan semalaman. Keesokan harinya cuci bersih kaki dengan sabun. Tumit akan terasa lebih halus dan lembut.

Selamat mencoba ramuan di atas dan miliki kembali kaki lembut dan halus.

Solusi Mengatasi kaki Pecah-Pecah Dan Pencegahannya

Ladies, beberapa penyebab kaki kita mengalami pecah-pecah adalah kurangnya nutrisi. Yang mana di sisi lain, mungkin cuaca atau suhu udara sedang terlalu kering. Hal ini tidak hanya terjadi di musim panas, namun juga musim dingin. 

Nah, kalau kaki sudah mulai pecah-pecah dan tidak enak dilihat, lakukan beberapa hal di bawah ini. 

  • Bersihkan dulu kaki dari kuku yang panjang, kotoran di sela kuku serta sel kulit mati. untuk hal ini, Anda bisa melakukan peeling dengan gula, kopi atau scrub kaki khusus. 
  • Gunakan susu pembersih wajah sebagai pengganti lotion untuk menutrisi kaki. Anda bisa tetap beraktivitas. Setelah beberapa jam, bilas kaki agar sel kulit mati terangkat. 
  • Malam hari sebelum tidur, gunakan petroleum jelly. Kandungan salep petroleum jelly bisa memperbaiki kulit kaki yang pecah, keras dan retak-retak. 
  • Setiap seminggu sekali, gunakan aloe vera untuk menutrisi dan mengobati kulit yang pecah. 
  • Setiap kali berjalan, gunakan alas kaki. Hindari lantai yang dingin atau kaki berinteraksi langsing dengan tanah maupun lantai. 

Lakukan beberapa tahap di atas secara rutin selama sebulan. Treatment ini membutuhkan ketekunan, jadi harus dilakukan dengan rutin setiap hari. Baru hasilnya akan maksimal. 

Saat cuaca dingin, coba gunakan kaus kaki. Bila berada di ruangan ber-AC, jangan lupa untuk menutrisi kulit kaki. Terutama bagian jemari kaki, tumit dan mata kaki. Karena area kulit tersebut mudah menebal, kering dan pecah-pecah. 

Love your feet. Kaki yang indah bikin lebih percaya diri melangkah.

Kembalikan Kelembutan Tumit Kaki Pecah-Pecah Dengan Perawatan Rumahan

Tumit kaki kering bikin penampilan jadi nggak seksi. Udara kering atau gesekan dengan lantai membuat tumit kaki rawan pecah-pecah dan mengelupas. Selain tak sedap dipandang, tumit kaki pecah-pecah terkadang menimbulkan luka yang cukup perih.

Ada banyak cara untuk melembutkan tumit kaki yang pecah-pecah. Salah satunya dengan perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri menggunakan garam atau gula. Yuk contek resep perawatan yang dilansir oleh beauty.about.com berikut ini:

Bahan:

  • Susu murni
  • Air hangat
  • Gula atau garam
  • Baby oil

Langkah Perawatan:

  1. Rendam kaki selama 5-10 menit dalam baskom berisi 1 cangkir susu dan 5 cangkir air hangat.
  2. Buat scrub kaki dari campuran 4 sendok makan gula atau garam dan 1/2 cangkir baby oil.
  3. Pijat lembut scrub pada tumit dengan gerakan melingkar.
  4. Lanjutkan dengan menggosokkan batu gosok pada bagian tumit hingga telapak kaki. Bilas dan keringkan kaki.

Perawatan kaki ini akan lebih maksimal dengan rutin mengaplikasikan pelembab super misalnya cocoa butter atau petroleum jelly. Jangan lupa menggunakan kaos kaki setiap sebelum tidur. Dengan cara ini, tumit kaki akan kembali sehat dan terjaga kelembutannya.

Lobak Untuk Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Siapa bilang lobak hanya bisa digunakan sebagai kudapan saja? Lobak yang kaya akan nutrisi penting juga memiliki manfaat untuk merawat kulit cantik Anda. Seperti yang dilansir dari situs stylecraze.com, berikut ini adalah manfaat lobak untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat.

Tumit Anda pecah-pecah? Ambil 12 buah lobak dan rebus selama beberapa saat, sebelum Anda tidur rendam kaki Anda di dalam air rebusan lobak tersebut selama 10 menit. Lalu, gosokkan buah lobak pada tumit yang pecah-pecah. Lakukan perawatan ini selama 3 hari untuk mendapatkan kaki yang lembut.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kulit Kaki Pecah-Pecah

Sama seperti organ dalam Anda, kulit Anda juga perlu dijaga kesehatannya. Selain agar lebih cantik, kulit tubuh yang terjaga kesehatannya juga akan membuat aktivitas Anda lebih nyaman, karena jauh dari iritasi maupun penyakit-penyakit kulit. Selama ini telah banyak terobosan di bidang kecantikan untuk kulit. Namun jika Anda tak ingin menghabiskan uang untuk perawatan mahal, Anda bisa mencoba perawatan alami.

Salah satu bahan alami yang dapat Anda gunakan adalah jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung vitamin C dengan kadar tinggi, sehingga saat mengonsumsinya 1 buah saja, Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian. Selain vitamin C, kandungan jeruk nipis lainnya adalah kadinen, minyak atsiri, vitamin C asam amino, glikosida, asam sitrun, dan juga lemak yang berguna untuk kesehatan.

Untuk kecantikan, vitamin C mempunyai manfaat yang sangat besar. Untuk kulit tubuh Anda, jeruk nipis dapat digunakan untuk membersihkan lutut dan tumit yang bermasalah. Caranya mudah. Cukup bagi jeruk nipis menjadi dua dan gosok potongannya ke kulit tumit dan lutut. Dengan penggunaan rutin, tumit atau lutut yang bermasalah akan kembali sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading