Sukses

Beauty

Mencium Aroma Buah Jeruk Ternyata Bisa Meredakan Stres

Ladies, tahukah Anda ternyata ada cara yang praktis untuk meredakan stres? Tak perlu mengonsumsi obat pereda stres. Tak harus pergi liburan ke tempat asing. Dan juga tak harus mengeluarkan banyak uang. Caranya adalah mencium aroma buah-buahan segar.

Seperti yang dilansir oleh prevention.com, Barbara Thomley kepala koordinator Complementary and Integrative Medicine Program di Mayo Clinic mengatakan bahwa aroma buah-buahan segar bisa memberikan banyak sekali manfaat.

Peneliti Brazil meminta lima orang untuk menghabiskan waktu lima menit menghirup aroma dari tiga bahan: minyak esensial jeruk manis, minyak tea tree, dan air tawar. Setelah itu kelima orang tersebut melakukan tes yang sulit sementara organ-organ vital mereka diperiksa. Hasilnya orang yang tadinya menghirup aroma minyak jeruk memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah saat melakukan tes tersebut.


Barbara juga mengungkapkan bahwa aroma buah jeruk bisa mengurangi rasa cemas seseorang. Tapi bisa saja setiap orang memberikan respon yang berbeda ketika menghirup aroma jeruk. Berdasarkan pengalaman di Mayo Clinic yang menggunakan aromaterapi untuk merawat pasien, diketahui juga bahwa aroma jeruk ini bisa mengurangi stres dan rasa cemas sekaligus bisa menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi rasa mual.

Aroma buah jeruk apa yang bisa meredakan stres?

Anda bisa pilih satu dari tiga aroma buah jeruk ini untuk meredakan stres Anda.

Jeruk Bali
Aroma jeruk bali bisa mengurangi depresi dan meningkatkan memori, jelas Barbara. Atau Anda bisa juga menghirup aroma buah jeruk bali ini sebelum makan. Penelitian dari Universitas Osaka, Jepang menunjukkan bahwa menghirup aroma jeruk bali sebelum makan bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan. Jadi jika Anda ingin mencoba untuk diet, Anda bisa coba menghirup aroma buah jeruk bali sebelum makan.

Jeruk Lemon
Amu tampil dalam sebuah rapat penting? Tingkatkan kepercayaan diri dan mood Anda dengan menggosokkan lemon balm di pergelangan tangan Anda. Aroma lemon bisa menghadirkan pikiran yang lebih positif. Selain itu, sebuah penelitian di Northumbria University, Inggris memperlihatkan bahwa aroma lemon balam bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan suasana hati (mood).

Jeruk Mandarin
Di Mayo Clinic, terapis pijat dan ahli akupuntur mengandalkan aroma lembut dari minyak esensial jeruk mandarin untuk memaksimalkan terapi yang mereka lakukan. Pasien juga mengaku bahwa stres mereka menurun, sistem pencernaan lebih baik, dan mual berkurang ketika diberi aroma jeruk mandarin.

So, bagi Anda yang ingin meredakan stres atau mengurangi tekanan yang Anda rasakan, Anda bisa coba untuk selalu menyiapkan buah jeruk segar di dekat Anda. Jadi ketika Anda butuh perasaan yang lebih tenang dan mengurangi rasa stres, Anda tinggal mencium aromanya.



(vem/nda)
;
Loading