Sukses

Beauty

10 Makanan Ampuh Kurangi Kolesterol Jahat Secara Alami

Ladies, Anda tau tentang penyakit kolesterol? Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Bahkan wanita yang kurus, belum tentu aman dari penyakit ini.

Kolesterol pada dasarnya terdapat secara alami di dalam tubuh manusia, namun jumlahnya bisa meningkat seiring dengan makanan yang kita konsumsi. Kolesterol jahat yang tertimbun dalam pembuluh darah bisa memicu timbulnya serangan jantung.

Karena itu kita harus menjaga pola makan kita dengan benar. Hindari mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Berikut 10 jenis makanan anti kolesterol seperti dilansir dari healthaliciousness.com. Makanan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda.

    Bawang Putih

    Bangsa Mesir Kuno sudah ribuan tahun lalu menggunakan bawang putih yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan stamina tubuh manusia. Bahkan sekarang ini banyak orang menggunakan bawang putih untuk menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan melindungi tubuh dari infeksi.

    Bahkan sebuah penelitian membuktikan bumbu rempah yang digunakan sebagai salah satu pelengkap bumbu masakan ini dipercaya dapat mencegah berkembangnya molekul kolesterol yang menempel dan hinggap di dinding pembuluh darah.

    Barley

    Barley adalah jenis khusus dari gandum yang sangat kaya serat larut. Itulah sebabnya, barley salah satu makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

    Kacang Mede, Almon, dan Kenari

    Kacang mede, almond, dan kacang kenari merupakan bahan makanan rendah lemak yang sangat baik bagi kesehatan jantung karena jenis kacang-kacangan tersebut mengandung lemak tak jenuh tunggal.

    Jenis kacang-kacangan tersebut juga diperkaya akan kandungan vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berhubungan erat dengan kesehatan jantung.

    Teh

    Teh diperkaya oleh kandungan antioksidan yang dapat memberikan rasa tenang terutama pada pembuluh darah agar terhindar dari pembekuan darah. Selain kaya serat, teh mengandung antioksidan seperti flavonoid yang dapat mencegah oksidasi yang dapat menyebabkan penimbunan kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk di pembuluh darah. Dengan minum segelas teh hangat dapat memenuhi antioksidan bagi tubuh.

    Cokelat

    Cokelat selain dijadikan cemilan atau bahan pangan olahan lainnya, ternyata cokelat juga sehat. Pilihlah cokelat hitam yang memiliki rasa cukup pahit. Cokelat mengandung antioksidan dan flavonoid, namun semua itu tergantung di mana cokelat tersebut tumbuh dan bagaimana proses pengolahannya.

    Minyak Zaitun

    Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang dapat menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat dan menaikkan HDL kolesterol. Seseorang dengan kolesterol tinggi harus menurunkan LDL dan meningkatkan HDL di mana produk zaitun dapat melakukannya. Campurkan 2 sendok minyak zaitun dan buah zaitun pada salad untuk menaikkan kolesterol baik dalam tubuh.

    Oatmeal dan Makanan Berserat Tinggi

    Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Serat yang dapat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Mengonsumsi 10 gr serat dapat mengurangi total kolesterol termasuk LDL kolesterol.

    Flaxseed

    Flaxseed adalah biji / benih dari bunga flax atau rami (Linium Usistatissinum). Flaxseed mengandung dua zat -serat larut dan Lignon- yang menghambat produksi LDL atau kolesterol jahat. Zat-zat ini juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuang kolesterol. Tambahkan flaxseed ke minuman smoothie atau oatmeal Anda merupakan cara yang lezat dan tepat untuk memasukkan makanan penurun kolesterol ini ke dalam menu diet Anda.

    Almond

    Almond kaya akan dua zat yang melawan kolesterol: flavonoid dan vitamin E. Antioksidan ini menghentikan oksidasi kolesterol jahat dari dalam tubuh, yang membantu mengurangi penumpukan plak di arteri / pembuluh darah. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilihlah Almond mentah (bukan almond panggang), yang tawar atau diasinkan dengan garam laut. Tambahkan almond mentah pada salad merupakan salah satu alternatif yang baik untuk menyertakan kacang-kacangan ini dalam menu diet Anda.

    Kacang-kacangan

    Kacang mengandung jenis serat yang diproses pada usus besar. Bakteri baik dalam usus besar akan mengkonsumsi serat ini dan membentuk asam lemak dari serat tersebut. Selanjutnya asam lemak ini akan dibawa ke organ hati untuk memblokir produksi LDL (kolesterol jahat).

Nah ladies, itulah makanan-makanan yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, jangan lupa untuk terus berolah raga dengan teratur agar terjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading