Sukses

Beauty

Vitamin D, Cukupi Kebutuhannya Dengan Cara Alami Berikut

Anda mungkin lebih sering mendengar betapa pentingnya vitamin C atau vitamin A. Tubuh memang memerlukan banyak vitamin C dan A, namun tidak bisa dipungkiri jika tubuh, terutama tulang Anda, memerlukan vitamin D lebih banyak dari organ lainnya.

Anda juga pasti tahu bahwa tulang penting sekali dijaga kekuatannya, karena siapa lagi yang akan menopang tubuh Anda selain tulang? Nah, untuk itu, ketahui lah beberapa sumber vitamin D untuk menjaga tulang Anda tetap kuat. Seperti dilansir dari health.com, ada banyak cara untuk bisa mencukupi asupan vitamin D setiap harinya, yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut.

    Makan Jamur

    Seperti manusia, jamur memiliki kemampuan mengubah dan memproduksi sendiri vitamin D jika terkena sinar matahari. Jamur adalah satu-satunya bahan makanan yang paling kaya vitamin D. Anda juga cukup sering menemukannya di pasar bukan? Anda bisa dengan mudah memasaknya menjadi sup atau lain sebagainya.

    Makan Ikan tuna

    Ikan laut seperti ikan salmon dan ikan tuna adalah yang paling baik mengandung vitamin D. Jika tidak bisa menemukan ikan tuna segar, konsumsi yang kalengan pun juga tidak masalah. Ikan tuna kaleng juga memiliki kandungan vitamin D, dan tentunya juga lebih murah dari ikan tuna segar.

    Minum Susu

    Selain kalsium dan protein, susu sekarang ini banyak juga yang ditambahkan vitamin D sehingga lebih sehat untuk tulang. Bahkan susu kedelai juga memiliki vitamin D. Jika tidak yakin ada atau tidaknya bahan vitamin D, lihat pada label informasi gizi di belakang kemasan.

    Berjemur Sinar Matahari

    Ini adalah sumber paling utama vitamin D. Anda tidak langsung mendapat vitamin D, melainkan tubuh Anda yang mengubah sinar matahari menjadi vitamin D. Menyadari bahwa Indonesia merupakan negara tropis yang kaya matahari, maka tidak usah khawatir akan kekurangan vitamin D.

Vitamin D bahkan diketahui juga membantu melindungi tubuh dari serangan demam, flu dan melawan depresi. Untungnya, tidak banyak yang mengalami keluhan kekurangan vitamin D. Namun tetap, Anda perlu memenuhinya setiap hari ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading