Sukses

Beauty

7 Penyakit Wanita Yang Bisa Terjadi Pada Pria

Meskipun pada tubuh pria dan wanita ada perbedaan struktur gen, anatomi, dan kadar hormon, namun, beberapa penyakit yang sering menyerang wanita ini juga bisa terjadi pada pria.

Penyakit-penyakit ini harus Anda waspadai. Jangan sampai Anda terlambat mendapatkan pengobatan saat penyakit sudah mencapai stadium lanjut.

Seperti dilansir dari healthline.com, ada 7 penyakit yang harus Anda kenali tanda-tandanya, yang bisa terjadi pada pria maupun wanita.

    Osteoporosis

    Osteoporosis, mengurangi kepadatan tulang, sehingga lebih rentan terhadap patah tulang. Satu dari tiga wanita beresiko mengalami osteoporosis, sedangkan pada pria terjadi pada satu dari lima orang.

    Wanita akan lebih cepat mengalami osteoporosis, setelah memasuki masa menopause. Sedangkan pada lelaki bisa terjadi pada usia 65 hingga 70 tahun. Resiko terkena penyakit ini bisa meningkat setelah Anda terkena penyakit ginjal, tiroid, kekurangan vitamin D, dan penggunaan steriod yang terlalu lama.

    Kanker Payudara

    Wanita lebih rentan terkena kanker payudara daripada laki-laki, karena wanita memiliki jaringan payudara yang lebih. Meskipun risiko terjadinya kanker payudara pada pria hanya 1 persen, tetapi jumlah ini terus meningkat.

    Para pria jarang sekali memperhatikan tanda-tanda penyakit pada tubuhnya, sehingga kanker terus berkembang.

    Jika Anda berusia lebih dari 50 tahun dan mengalami obesitas, Anda lebih berisiko terkena kanker payudara. Perhatikan setiap benjolan dan kelainan yang terjadi pada daerah sekitar dada.

    Penyakit Tiroid

    Tiroid adalah kelenjar kecil yang terletak di tengah-tengah leher bagian bawah. Kelenjar ini menghasilkan hormon untuk mengontrol metabolisme.

    Jika kelenjar ini menghasilkan terlalu banyak hormon, disebut hipertiroidisme. Gejalanya meliputi, kelelahan, berat badan cepat naik, mudah lupa, kulit kering dan rambut kasar.

    Sedangkan, jika tiroid tidak menghasilkan cukup hormon disebut hipotiroidisme. Gejalanya adalah: mudah marah, lemah otot, dan gangguan makan.

    Pada wanita, lima hingga delapan kali lebih berisiko mengalami penyakit ini daripada pria. Walaupun pria juga dapat terkena penyakit ini.

    Anoreksia

    Saat ini, semakin banyak pria, yang ingin tampil kurus. Kasus anoreksia terjadi 10 hingga 15 persen pada pria. Anoreksia dan bulimia, akan memicu risiko terkena penyakit jantung, keropos tulang, gagal organ dan kematian.

    Gangguan ini lebih rentan terjadi pada, atlet, pengidap obesitas, dan orang yang sangat perfeksionis. yang sangat peduli dengan penampilan, seperti artis atau model.

    Infeksi Kandung Kemih

    Infeksi kandung kemih, lebih sering terjadi pada wanita. Laki-laki juga bisa terkena penyakit ini, jika mengalami masalah prostat, batu ginjal atau penyempitan uretra.  Gejala penyakit ini adalah: sering buang air kecil, urin berdarah, dorongan kuat untuk buang air kecil, rasa nyeri saat buang air kecil, dan demam.

    Depresi

    Wanita dua kali lebih rentan mengalami depresi daripada pria. Gejala depresi yang terjadi pada wanita dan pria juga berbeda. Pada wanita, gejalanya: lebih sering menangis dan cenderung menutup diri. Sedangkan pada pria gejala depresi adalah: sering marah, frustasi dan keputusasaan.

    Lupus

    Wanita lebih rentan mengalami penyakit lupus sebanyak 90 persen, daripada pria. Namun, gangguan ini biasa menyerang laki-laki. Gejala penyakit ini adalah: pembengkakan sendi, lemah otot, kelelahan ekstrim, demam yang tak sembuh-sembuh, rambut rontok, kaki bengkak, kantung mata, sariawan, pembengkakan kelenjar tiroid, dan ruam merah pada hidung dan pipi.


Maka dari itu, para wanita dan juga pria harus waspada pada gejala-gejala penyakit yang terjadi. Lakukan cek up kesehatan secara berkala. Agar Anda tidak terlambat didiagnosa, dan penyakit yang sudah terlanjur parah akan lebih susah penanganannya.

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading