Sukses

Beauty

Awas, Ini 5 Dampak Serius Kebanyakan Frozen Food

Ada banyak pilihan makanan yang bisa dibeli di pasar tradisional atau di supermarket. Anda juga bisa memilih antara membeli bahan makanan yang fresh atau yang frozen alias beku. Namun Anda juga perlu hati-hati jika membeli makanan kemasan beku.

Karena dikutip dari stylecraze.com, ada banyak dampak negatif yang bisa ditimbulkan dengan banyak makan frozen food, antara lain adalah

    Diabetes

    Makanan beku biasanya diawetkan dengan pati, semacam polimer glukosa (karbohidrat) yang menambahkan rasa dan tekstur makanan. Karena polimer glukosa ini akan dicerna sebagai gula di dalam tubuh, jika Anda terlalu sering makan makanan beku maka bisa berisiko menyebabkan diabetes. Kelebihan gula bukan hanya dapat meningkatkan risiko tertular diabetes tapi juga menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh Anda.

    Penyakit jantung

    Makanan beku biasanya kaya lemak trans karena sudah pre-process atau separuh dimasak, yang meningkatkan risiko tertular penyakit jantung dan juga meningkatkan potensi penyumbatan arteri. Lemak trans meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik). Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kebanyakan, makanan beku juga memiliki banyak pengawet makanan yang justru tidak sehat untuk jantung.

    Hipertensi

    Makanan kemasan yang frozen, selain mengandung pengawet juga mengandung banyak sodium atau garam yang justru dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat darah mengental. Kadang-kadang, makanan beku mengandung lebih banyak garam daripada makanan biasa yang juga dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

    Kanker

    Makanan beku adalah salah satu sumber terbaik meningkatkan potensi kanker. Studi menyimpulkan bahwa olahan dan makanan beku, daging, khususnya, dapat menyebabkan kanker pankreas. Sebuah studi yang dilakukan menunjukkan bahwa makanan olahan, hot dog, kornet, sosis dan lain sebagainya dapat meningkatkan risiko tertular kanker lebih dari 65%. Banyak kandungan frozen food yang bersifat karsinogenik.

    Penyakit lainnya

    Makanan olahan, kemasan dan beku tentu saja memiliki pengawet sekaligus penyedap rasa berupa Monosodium Glutamate atau MSG yang menyebabkan kesemutan di kaki, batuk, mual, sakit kepala, nyeri dada, kelelahan, dan pusing. Terlalu banyak zat aditif ini juga dapat menyebabkan kegemukan dan kesulitan bernapas yang serius.

Nah, jadi Anda perlu hati-hati ya, jangan sering-sering membeli makanan beku dan pre-proses seperti yang sering dijual di supermarket. Meskipun enak, namun Anda juga perlu menyayangi kesehatan Anda.



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading