Sukses

Beauty

Cara Mendeteksi Kanker Payudara Cukup Dengan SADARI

Tahukah Anda bahwa kanker dapat membunuh lebih banyak orang daripada penyakit malaria, aids dan TB?
Menurut survey Kementerian Kesehatan RI, 70% pasien kanker terjadi di negara berkembang, dan 43% kanker dapat dicegah.

Jumlah pasien kanker akan meningkat drastis bila Anda tidak berbuat apapun untuk upaya pencegahan. Kanker yang banyak terjadi pada para wanita ialah kanker payudara dan kanker serviks. Payudara yang sehat ada dalam berbagai macam bentuk, ukuran dan tekstur. Dan kunci dari kesehatan payudara ialah dengan mengenali perubahan bagaimana payudara terlihat dan apa yang dirasakan.

Menurut Dr. Henry Naland Sp. B (K) Onk kanker payudara merupakan jenis kanker nomor dua terbanyak pada wanita Indonesia. Kanker payudara merupakan kanker yang berasal dari kelenjar, saluran kelenjar dan jaringan penunjang payudara, tidak termasuk kulit payudara.

"Bila ada indikasi seperti ada benjolan di payudara, rasa nyeri, keluar cairan atau perubahan kulit atau pada puting susu, waspadailah," kata Dr. Henry saat ditemui dalam acara talkshow kesehatan Tribute to Women di Living World Alam Sutera Tangerang Sabtu 19 April 2015.

Lebih lanjut Dr. Henry menjelaskan, ada tiga cara yang dapat membantu Anda untuk mendeteksi kanker payudara dan juga permasalahan lainnya secara dini, yaitu dengan Mammogram. Mammogram merupakan cara yang paling efektif dalam mendeteksi ada tidaknya kanker sejak dini. Proses ini tidak menyakitkan, meskipun akan kurang nyaman karena payudara akan ditekan untuk beberapa saat. Kedua, pemeriksaan klinis ini merupakan pemeriksaan payudara secara klinis oleh ahli kesehatan.

"Kemudian, sadari yaitu pemeriksaan sendiri yaitu pemeriksaan dilakukan secara pribadi dengan mengenali payudara sendiri sehingga dapat mendeteksi dengan cepat apabila terjadi perubahan dan dapat segera menindak lanjutinya," terangnya.

Dianjurkan oleh Dr. Henry waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan pada usia 25 tahun ke bawah cukup sadari saja, lalu periksa ke dokter dengan meraba dan melihat payudara dengan USG, untuk usia 30 tahun dengan mammografi.

"Mencegah kanker secara pasti kita memang belum tahu cara yang efektif, tapi dari cara hidup yang sehat dapat membantu mencegahnya, misalnya kurangi jam begadang, WHO menganjurkan makanlah buah-buahan, makan sayur-sayuran, olahraga dan kebiasaan merokok dihindari. Yang lebih penting, jagalah perasaan Anda dan jangan berpikiran negatif," tutup Dr. Henry.

Nah Ladies, itu dia tips menjaga kesehatan payudara untuk cara pencegahan dan pengenalan kanker payudara. Yuk jaga tubuh lebih sehat.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading