Sukses

Beauty

Tips Ampuh Obati Batuk Dengan Bahan Alami Kencur

Siapa yang tidak pernah mengalami sakit batuk. Bisa dipastikan hampir semua orang pernah mengalami sakit batuk, pilek atau flu. Pada dasarnya, batuk merupakan salah satu penyakit yang disebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh hingga akhirnya virus serta bakteri penyebab batuk lebih mudah menyerang.

Tapi jangan khawatir, batuk terjadi untuk membersihkan kotoran pada tenggorokan dan saluran pernafasan akibat alergi. Obat batuk sendiri terdiri dari berbagai macam, mulai dari obat-obatan yang mengandung bahan kimia hingga obat tradisional. Berbicara mengenai obat batuk tradisional, salah satu obat tradisional yang ampuh atasi batuk adalah kencur.

Obati batuk dengan rempah kencur | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Sejak jaman dahulu, rempah asli Indonesia telah dipercaya mampu menyembuhkan batuk dan pilek dalam waktu yang sangat singkat tanpa efek samping. Dari pengalaman dan juga saran dari beberapa teman, berikut adalah tips ampuh menggunakan kencur untuk mengobati batuk di rumah.

    Mengunyah Kencur Mentah

    Jika Anda batuk, kunyahlah kencur yang sudah dicuci dan dikupas kulitnya. Kunyah kencur antara 2 sampai 3 siung hingga halus dan telan. Lakukan ini satu hingga dua kali sehari saat Anda batuk. Rasanya mungkin akan sedikit aneh, tapi cara ini dipercaya ampuh menyembuhkan batuk dengan cepat dan tepat.

    Perasan Kencur

    Jika Anda tidak mau mengunyah kencur secara langsung, Anda dapat memarut kencur atau menghaluskannya lalu saringlah airnya dan minum. Gunakan 3 – 5 siung kencur ukuran sedang, haluskan lalu saring airnya dan minum. Agar tenggorokan lebih hangat, Anda bisa minum kencur dengan air hangat.

    Kencur dan Jahe

    Memanfaatkan kencur sebagai obat batuk dapat digunakan bersama dengan rempah jahe. Memarkan beberapa siung kencur dan jahe lalu rebus dengan air mendidih. Gunakan 2 gelas air lalu rebus hingga air menjadi satu gelas. Saring kedua bahan tersebut dan minumlah saat hangat, tambahkan madu atau gula aren untuk rasa yang manis.

    Kencur dan Madu

    Untuk rasa yang lebih legit, Anda dapat mengkombinasikan air perasan kencur dengan beberapa sendok madu murni. Campur air kencur 3 sendok makan dengan satu sendok makan madu lalu minum dua kali sehari. Banyak yang percaya, tips ini ampuh mengusir batuk.

Ladies, itulah tips ampuh mengobati batuk menggunakan rempah kencur. Selain mudah ditemukan di pasar, harga kencur juga relatif murah. Bagaimana, mudah dan praktis bukan? So, jika Anda mengalami sakit batuk, jangan lupa untuk memanfaatkan kencur sebagai obat. Semoga bermanfaat. :)

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Beragam Ide Perayaan Akhir Tahun yang Menyenangkan di Jakarta