Sukses

Beauty

3 Kebiasaan Cantik Yang Justru Memperburuk Mata

Mata merupakan indera yang penting dijaga kesehatannya dan merupakan organ yang sensitif jika terkena sesuatu dari luar. Untuk menjaga kesehatan mata, bukan hanya diharuskan makan makanan kaya vitamin A saja, namun juga menghindari aktivitas yang bisa memperburuk penglihatan.

Namun seringkali tuntutan pekerjaan atau karena suatu kebiasaan, kemampuan penglihatan bisa menurun dan bahkan bisa terancam buta. Seperti dikutip dari news.health.com, ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menurunkan kemampuan mata, antara lain adalah

    Tidur dengan kontak lens

    Meskipun ada lensa kontak yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama atau semalaman, namun tidur dengan menggunakan kontak lens sangat berisiko untuk kesehatan mata. Dokter juga menyarankan bahwa sebaiknya tidak menggunakan kontak lens dalam jangka waktu panjang karena kontak lens adalah benda asing yang bisa menyerap oksigen pada kornea. Jadi, semakin lama lensa kontak dipakai, semakin besar risiko mengalami ulkus kornea.

    Memakai eyeliner di bagian bawah mata

    Meskipun memang eyeliner yang diaplikasikan pada bagian bawah mata akan mempercantik dan mempertajam mata Anda, namun ini tidak baik dilakukan berkali-kali. Ini karena eyeliner yang menjadi sarang kuman bisa masuk langsung ke mata dan menyebabkan infeksi.

    Tidur dengan memakai make up

    Tidak masalah menggunakan maskara, eyeliner atau eye shadow agar terlihat cantik, namun bukan berarti Anda bisa tidur dengan menggunakan make up. Mata akan terasa pedih dan kering saat bangun tidur karena pengaruh bahan kimia di dalam make up yang masuk ke mata. Belum lagi bakteri yang bisa menyebabkan infeksi mata.

Jadi, pastikan untuk tidak memakai make up apa pun saat akan tidur. Bersihkan make up dan sebaiknya melepas kontak lens sebelum tidur untuk mengurangi risiko sakit mata ya.

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Menstruasi Bermasalah? Ini Dia Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Kecantikan Kulit Asia, Lebih Kuat Saat Terkena Paparan Sinar Matahari