Sukses

Beauty

7 Cara Mudah Merawat dan Menjaga Kebersihan Vagina

Vagina merupakan alat reproduksi wanita yang mempunyai peranan sangat penting. Misalnya saja, melahirkan normal di mana bayi keluar dari vagina. Akan tetapi, beberapa wanita sering kali menganggap kebersihan vagina bukanlah suatu hal yang terlalu penting sehingga sering kali menimbulkan beberapa penyakit pada bagian intim wanita ini.

Vagina terletak di tempat yang sangat lembab dan memungkinkan bakteri atau jamur berkembang di dalamnya jika tidak dijaga kebersihannya. Nah berikut beberapa cara untuk merawat dan menjaga kebersihan vagina:

  1. Cucilah vagina setiap hari, namun jangan menggunakan sabun apa pun. Pasalnya, mencuci vagina dengan produk pembersih kewanitaan dapat mengganggu tingkat keasaman (pH) dan membunuh bakteri baik pada vagina.
  2. Lakukan pencucian vagina secara lembut mulai dari labia (bibir vagina) hingga pada area klitoris.
  3. Jangan gunakan pembalut lebih dari 8 jam, karena dapat meningkatkan bakteri pada vagina dan bias menimbulkan masalah vagina yang lebih serius
  4. Gunakan pelumas yang cukup pada saat berhubungan seksual (jika diperlukan), tapi perlu diingat, jangan terlalu banyak menggunakannya.
  5. Ganti pakaian dalam yang basah setelah berenang, olahraga, atau kehujanan. Hal tersebut dapat menambah kelembaban area kewanitaan dan mempermudah munculnya infeksi pada vagina.
  6. Gunakan kondom saat berhubungan seksual jika pasangan mengalami masalah dengan penisnya. Hal tersebut dapat menghindarkan Anda dari penyakit menular seksual dari pasangan.
  7. Makanan pun sangat berpengaruh, maka dari itu konsumsilah makanan yang sehat. Karena makanan dan minuman yang tidak sehat dapat mempengaruhi vagina hingga reproduksi.

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area intim Anda. Yuk jaga vagina untuk kesehatan diri sendiri dan pasangan Ladies.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim