Sukses

Beauty

Naikkan Berat Badan Untuk Si Kurus

Mempunyai badan kurus adalah impian bagi semua wanita. Pasalnya, menurut mereka badan yang kurus terlihat sangat ideal dan indah. Sebenarnya Anda tidak perlu senang karena badan kurus bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Namun beberapa orang sering kali tidak peduli dengan hal tersebut, yang penting badan mereka terlihat kurus.

Pada beberapa kondisi, berat badan seseorang seringkali berada di bawah standar sehingga memiliki masalah kesehatan seperti adanya penyakit tertentu, nafsu makan yang rendah, hingga tubuh yang terlalu kurus karena diforsir saat beraktivitas atau olahraga yang terlalu berat.

Nah, untuk meningkatkan berat badan yang ideal, Anda perlu melakukan pola makan secara benar dan sehat. Berikut beberapa cara sehat untuk si kurus:

    Tidak hanya kalori, nutrisi pun perlu diperhatikan

    Menambah berat badan bukan berarti tidak memperhatikan kandungan di dalamnya. Jadi, jangan hanya menambah kalori namun nutrisinya pun perlu diperhatikan. Buatlah makanan yang Anda konsumsi secara seimbang antara kalori, nutrisi, dan gizi.

    Tambah frekuensi makan berat Anda

    Paling tidak makan berat sebanyak 6 kali dalam sehari dan masukkan lebih banyak kalori di dalamnya. Jangan lupa untuk memastikan di setiap jam makan Anda memasukkan unsur makanan yang mengandung protein, zat tepung, sayuran dan lemak. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi sandwich berisi daging di dalam roti gandum yang diolesi mayonaise, diisi tomat dan minum buah yang dicampurkan dengan buah sebagai makanan di antara makanan berat Anda.

    Tingkatkan massa otot

    Beberapa makanan yang dapat meningkatkan massa otot antara lain camilan yang mengandung banyak protein, susu cokelat rendah lemak atau minuman berprotein setelah Anda latihan angkat beban. Selain itu, imbangi juga dengan mengonsumsi makanan kaya kalori dan protein.

Nah, beberapa makanan yang mengandung protein untuk menggemukkan badan antara lain:

  • Telur sebagai sumber protein
  • Konsumsi minuman berbahan dasar susu
  • Konsumsi daging putih, seperti dada ayam atau ikan
  • Konsumsi gandum utuh
  • Kacang-kacang sebagai sumber protein nabati
  • Selain beberapa cara di atas, Anda bisa mem-variasikan makanan dengan mencampur sumber lemak nabati sehat dan mineral seperti kacang dan buah kering ke dalam makanan, seperti buah kering ke dalam sereal dan menambah taburan kacang ke yogurt atau salad maupun sup.


Cara lain untuk menambahkan kalori ke dalam tubuh yang lebih sehat Anda bisa mengonsumsi lemak nabati dari kacang, biji-bijian, selai kacang, margarin almond, alpukat, hummus dan minyak. Batasi konsumsi lemak hewani karena kandungan lemak tersaturasinya yang dapat menyebabkan tubuh mengalami tinggi kolesterol jahat (LDL) dan berisiko menderita penyakit jantung.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Punya Pekerjaan Berat dan Bikin Stres? Tenang, Ini Dia Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
Awas, Benjolan Di Leher Bisa Jadi Tanda Kanker