Sukses

Beauty

Sekian Masalah Maag Dan Jawaban Live Tweet Bersama MeetDoctor

Banyak orang mengalami masalah pencernaan berupa maag. Seringkali maag mengganggu aktivitas dan menunjukkan gejala yang berbeda pada setiap orang. Nah, kali ini para pengguna twitter bisa konsultasi langsung nih tentang masalah mereka mengenai maag. Yuk simak langsung jawaban dari MeetDoctor berikut ini.

(vem/feb)

Sering Mual dan Pusing Setelah Makan

1. @liiena777 : dok, kenapa ya setiap habis makan sering mual-mual terus pusing? Itu gejala apa ya dok?

Perlu diketahui, apakah anda makan teratur atau tidak. Jika anda suka makan tidak teratur/suka menunda makan, produksi asam lambung sudah meningkat sehingga keluhan tersebut muncul.

Maag menurut medis disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri di ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Pada orang yang menderita sakit maag, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok, hindari stress berlebih dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. Dan usahakanlah untuk selalu makan tepat pada waktunya.

Nyeri di Ulu Hati Tanda Maag

2. @tuty_utut : Halo dok, saya kalau telat makan pasti ulu hati sakitnya luar biasa, apakah ini gejala sakit maag dok?

Ya. Anda kemungkinan mengalami gejala maag. Asam lambung sebetulnya berguna untuk membantu pencernaan makanan. Namun bila Anda telat makan, sehingga tidak ada makanan yang dicerna, asam tersebut bisa mengiiritasi lambung Anda sehingga timbul keluhan seperti yang Anda rasakan.

Pada orang yang menderita sakit maag, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok ,hindari stress berlebih dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. Uusahakan juga untuk selalu makan tepat pada waktunya.

Perut Mual Muntah

3. @echimustika : Malam dok, saya penyuka asam dan pedas, kalau habis makan itu kanan perut mual dan muntah"? saya punya maag dok

Beberapa individu yang memiliki maag, memiliki produksi asam lambung yang tinggi. Makanan yang terlalu asam, pedas, dapat merangsang produksi asam lambung, sehingga keluhan seperti mual, muntah, bisa kembung bahkan nyeri seperti teriris bisa terjadi setelah makan makanan tersebut.

Pada orang yang menderita sakit maag, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok ,hindari stress berlebih dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. Dan usahakanlah untuk selalu makan tepat pada waktunya.

Bangun Pagi Terasa Mual

4. @cahayaetcipta : Mengapa jika baru bangun pagi terasa "ingin" muntah tiba-tiba saja, meski tidak pernah sampai muntah?

Banyak penyebab yang mengakibatkan seseorang mengalami gangguan mual di pagi hari, misalnya kehamilan, kadar gula darah yang rendah, gangguan pencernaan baik di lambung atau usus dan juga gangguan psikologis seperti stress, depresi.

Apakah Anda memiliki riwayat sakit maag? Untuk saat ini, yang dapat Anda lakukan yaitu melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari konsumsi makanan pedas, asam, alkohol, rokok, kafein dan hindari stress.

Selain itu, disarankan Anda menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. Jika keluhan dirasakan semakin mengganggu kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter.

Nyeri di Bagian Perut Kanan

5. @risrosrisros : Mau tanya dong, kalau sering nyeri di perut sebelah kanan itu apa artinya maag kambuh? Trims

Di sebelah kanan atas atau bagian bawah? Sudah berapa lama Anda mengalami ini? Ketika sedang melakukan apa nyeri ini kambuh? Bila nyeri nya perih seperti teriris di bagian kanan atas/ulu hati, ada kemungkinan disebabkan oleh lambung/ gejala maag.

Namun bila di kanan bagian bawah, kemungkinan berasal dari organ lain seperti usus, usus buntu, usus besar dan lainya, tergantung pemeriksaan lebih lanjut. Coba periksakan ke dokter.

Maag Karena Efek Diet

6. @shienny_martha : bagaimana cara mengatasi penyakit maag yang disebabkan karena program diet?

Bila maag kambuh, menandakan program diet anda kurang benar atau kurang sesuai dengan Anda. Berapa kali Anda makan? Dari mana program diet tersebut Anda dapatkan?  

Diet yang baik yaitu tetap menjaga asupan makan dengan tepat waktu namun cukup mengurangi porsinya saja, perbanyak asupan buah-buahan dan sayuran. Melakukan program diet tanpa disertai olahraga teratur dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan hasilnya kurang signifikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading