Sukses

Beauty

4 Manfaat Sehat Mengonsumsi Sayur Brokoli Wajib Anda Ketahui


Sayuran dan buah-buahan adalah dua jenis makanan yang syarat akan segudang manfaat sehatnya. Karena penuh nutrisi dan vitamin, tidak heran jika sayur dan buah menjadi makanan wajib yang perlu dikonsumsi setiap hari. Dan salah satu sayur sehat yang perlu ada di daftar menu makanan Anda sehari-hari adalah sayur brokoli.

Dikutip dari livescience.com, sayur brokoli memiliki segudang manfaat mengejutkan sekaligus mengagumkan untuk tubuh. Berikut manfaat sehat dari kebiasaan mengonsumsi sayur brokoli yang wajib Anda tahu. Simak baik-baik ya.

    Mencegah Kanker

    Study membuktikan bahwa kandungan nutrisi dan vitamin pada brokoli mampu membunuh sel jahat penyebab kanker dalam tubuh. Brokoli adalah sayuran yang masuk ke dalam jenis cruciferous dimana sayuran jenis ini sangat efektif membunuh sel kanker. Penelitian yang dilakukan di American Cancer Society mencatat bahwa, brokoli mengandung nutrisi yang disebut sulforaphane dan indole-3-carbinol dimana nutrisi ini mampu bertindak aktif sebagai antioksidan.

    Mengobati Kolesterol

    Seorang peneliti bernama Jarzabkowski dari American Cancer Society mengatakan bahwa brokoli dapat membantu menurunkan kolesterol. Beberapa nutrisi yang terkandung pada brokoli dipercaya mampu mengikat kolesterol dalam darah hingga menjadikannya selalu terjaga dan sehat.

    Menjaga Kesehatan Jantung

    Nutrisi berupa sulforaphane pada brokoli dipercaya membantu menjaga kesehatan jantung dan menjaga pembuluh darah dalam tubuh agar selalu sehat serta terjaga. Bukan hanya itu saja, nutrisi pada sayur brokoli juga dipercaya mengatasi masalah gula darah dan masalah kesehatan lain.

    Menjaga Kesehatan Mata

    Ketika Anda ingin memiliki mata sehat usahakan untuk konsumsi sayur brokoli. Kandungan  lutein karotenoid yang ada di dalam brokoli sangat dipercaya mampu mencegah berbagai masalah kesehatan mata. Sama seperti wortel, brokoli juga kaya akan vitamin A sehingga tidak heran jika sayur hijau satu ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.


Ladies, itulah beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan mata. Selain manfaat di atas, brokoli memiliki manfaat lain seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, memperkuat tulang, menyehatkan sistem saraf dan mengatur tekanan darah. Jadi, mulai sekarang usahakan memasukkan brokoli ke dalam menu makanan Anda sehari-hari ya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading