Sukses

Beauty

Ups, Sehatkah Terlalu Lama Menahan Kentut?

Kentut merupakan fenomena yang wajar terjadi dan normal untuk semua orang. Namun tetap saja, kentut menjadi salah satu hal yang dianggap tidak sopan dan memalukan jika dilakukan di depan orang, apalagi jika sampai bau.

Nah lho, hal inilah yang kemudian membuat banyak orang akhirnya memutuskan untuk menahan kentut agar gas di dalam perut tersebut tidak keluar. Namun apakah baik menahan kentut? Seperti dilansir dari womenshealthmag.com,meskipun menahan kentut tidak akan berbahaya atau menyakiti tubuh Anda, namun alangkah baiknya jika gas berlebih di dalam perut dikeluarkan agar sistem pencernaan lancar.  

Kecil kemungkinan menahan kentut bisa menyebabkan penyakit atau gangguan pencernaan. Lagipula, Anda tetap bisa mengeluarkan gas kapan pun selama seharian meski Anda menundanya saat ini. Orang yang menahan kentut memang akan mengalami semacam perut kembung karena gas yang ada di dalam perut dan usus besar tidak dikeluarkan.

Gas ini terbentuk disebabkan oleh aktivitas bakteri di dalam sistem pencernaan yang memproses makanan. Ada dua cara keluarnya gas dari dalam perut, melalui sendawa dan kentut. Jika sendawa lebih mudah dilakukan, kentut memang agak berisiko "mencemari udara".

Jadi, meski memang tidak menimbulkan penyakit, daripada menahan kentut berlama-lama, sebaiknya Anda permisi ke belakang sebentar, mencari tempat yang sepi untuk mengeluarkan kentut secara aman tanpa mengganggu kenyamanan Anda dan orang sekitar.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading