Sukses

Beauty

Sakit Kepala Saat Puasa: Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pada hari-hari pertama melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan, kemungkinan tubuh akan sedikit kaget dan menjadi rentan terhadap gangguan kesehatan terutama sakit kepala. Dilansir dari laman emirates247.com, sakit kepala ini sendiri terjadi karena pola makan yang berubah pada diri seseorang selama puasa.

Bukan hanya pola makan, porsi makan yang terkadang berlebihan dan kurang sehat saat berbuka ataupun sahur, hal ini juga akan memperburuk kesehatan kepala. Seseorang yang terbiasa minum kopi sebelum puasa, dikatakan juga sangat rentan terserang sakit kepala. Karena kekurangan kafein, para pecandu kopi bisa saja mengalami stres, depresi dan sakit kepala akut selama ia menjalankan ibadah puasa.

Dr Abdul Aziz Al Ajaji, seorang spesialis gizi dan dokter keluarga yang berbasis di ibukota Saudi Riyadh mengatakan bahwa sakit kepala pada hari-hari pertama di bulan Ramadan disebabkan karena suhu panas suatu daerah, kelelahan dan kurangnya glukosa dalam tubuh.

Menurut Dr Abdul Aziz, seseorang mengalami sakit kepala di bulan Ramadan juga disebabkan karena ia makan terlalu banyak saat berbuka ataupun sahur. Dan di sisi lain, orang ini tidak memiliki olahraga cukup serta gerak tubuh cukup untuk mengolah nutrisi dalam dirinya. Tidur setelah makan sahur juga dikatakan memiliki dampak buruk bagi kesehatan yang bisa memicu sakit kepala serta berbagai macam penyakit berat lainnya.

Untuk mengatasi sakit kepala saat puasa Ramadan, Dr Abdul Aziz menyarankan agar seseorang memiliki gaya hidup teratur, tidak langsung tidur setelah sahur, memiliki olahraga cukup, memiliki istirahat cukup, minum air putih yang banyak dan penuhi selalu nutrisi dalam tubuh salah satunya adalah nutrisi berupa glukosa.

Dr Abdul Aziz mengungkapkan "Seorang muslim tidak harus memiliki berbuka puasa dengan porsi besar. Daripada makan dengan porsi besar saat berbuka, lebih baik jika makan dengan porsi sedikit namun teratur saat buka dan sahur dengan nutrisi yang lengkap."

Dan untuk memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh, alangkah baiknya jika seseorang minum segelas air dengan sedikit gula atau sedikit makan makanan manis. Mengkonsumsi jus, minuman yang terlalu manis atau makan makanan berlemak berlebih di saat berbuka sejatinya justru sangat berbahaya bagi kelangsungan kesehatan tubuh.

So Ladies, agar Anda dan juga keluarga selalu sehat selama menjalankan ibadah puasa Ramadan serta jauh dari masalah sakit kepala. Pastikan untuk memiliki pola hidup yang sehat selama puasa dan pastikan untuk memiliki istirahat cukup. Hindari pula konsumsi gula berlebih saat berbuka atau sahur karena hal ini sangat berbahaya. Semoga informasi ini bermanfaat ya. :)

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading