Sukses

Beauty

Tips Mencegah Dehidrasi Selama Puasa Tanpa Banyak Minum Air Putih

Ladies,Anda pasti sudah tahu bahwa Anda dianjurkan minum 8-10 gelas atau 1,5-2 liter air putih per hari. Tentu hal itu tidak mudah dilakukan bagi Anda yang kurang suka rasa air putih, kurang suka minum, atau sedang menjalani ibadah puasa seperti saat ini. Padahal penting sekali membuat tubuh tetap terhidrasi, terutama selama bulan puasa. Lalu, bagaimana solusi yang tepat untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, tanpa perlu minum banyak air putih? Berikut ini tipsnya, seperti yang telah dilansir oleh Harpersbazaar.com. Simak selengkapnya.

    Air Kelapa

    Selain mengandung vitamin dan mineral, air kelapa juga merupakan cairan isotonic, yang artinya cairan ini memiliki jumlah elektrolit yang sama dengan yang dimiliki sel dan plasma tubuh. Anda mungkin juga tahu bahwa ada salah satu produk minuman isotonic yang menggunakan air kelapa sebagai bahan utamanya. Anda bisa minum air kelapa tanpa tambahan apapun, atau Anda juga bisa menambahkannya pada minuman yang Anda sukai, misalnya jus.

    Buah dan Sayur

    Semua sayur dan buah memiliki kadar air yang tinggi, namun beberapa di antaranya memiliki kandungan air yang lebih banyak dibanding yang lain. Menambahkan sayur dan buah dalam menu sahur Anda akan membuat Anda tetap terhidrasi sepanjang hari, dan jangan lupa menambahkan sayur dan buah ke dalam menu berbuka puasa Anda juga. Sayur dan buah yang 90% kandungannya adalah air antara lain, mentimun, jeruk bali, blewah, tomat, semangka, blueberry, stroberi, daun selada, bayam, dan zukini.

    Daging

    Fakta yang mengejutkan, 60% kandungan daging adalah air. Berbagai olahan daging, baik sapi maupun ayam, biasa menjadi menu pilihan Anda untuk makan sahur dan berbuka puasa, untuk menghindari dehidrasi selama puasa.

    Es Teh dan Kopi

    Menurut Webmd.com, teh, kopi, atau minuman lain yang mengandung kafein, adalah minuman alternatif yang baik agar Anda tetap terhidrasi.

    Variasi Rasa

    Atau bisa dikatakan "dandani" minuman Anda. Jika Anda tidak suka rasa air putih yang tawar, Anda bisa menambahkan bahan-bahan alami yang dapat memperbaiki rasa air putih. Misalnya potongan mentimun, lemon, semangka, atau buah-buahan lain, agar minuman Anda menjadi lebih enak, tanpa perlu menambah asupan kalori.

Wah, tips tersebut tentu kabar baik bagi Anda yang tidak suka minum air putih ya Ladies. Jangan lupa menambahkan minuman dan makanan di atas ke dalam menu makan sahur dan berbuka puasa Anda ya. Stay hydrated, Ladies.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading