Sukses

Beauty

Ups, Ini Efek Samping Terlalu Banyak Makan Semangka

Buah semangka memang paling enak dinikmati saat siang-siang hari yang panas. Buah semangka termasuk yang rendah kalori, bebas lemak, dan yang pati mengandung vitamin A, B6 dan C yang berperan sebagai antioksidan. Bukan hanya itu, semangka juga kaya potasium, lycopene danĀ  yang mampu menjaga kesehatan jantung dan bahkan kanker.

Tapi jangan sampai berlebihan ya makan semangka. Apapun yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh, termasuk buah semangka. Dilansir dari livestrong.com, buah semangka yang sehat pun juga bisa memberi efek samping untuk tubuh, ini dia efek sampingnya.

    Gastrointestinal

    Meskipun memang dibutuhkan tubuh, namun lycopene dalam tubuh yang berlebihan bisa mengganggu sistem pencernaan atau gangguan gastrointestinal. Efek yang paling sering terjadi akibat kelebihan lycopene pada pencernaan seperti timbulnya diare, susah buang air besar, kembung, mual hingga muntah.

    Hyperkalemia

    Karena semangka juga kaya potasium, kelebihan makan semangka bisa menyebabkan kelebihan potasium di tubuh atau disebut juga hyperkalemia. Kondisi hyperkalemia bisa berbahaya untuk kesehatan kardiovaskuler seperti misalnya detak jantung tak beraturan, dan gangguan sistem kerja otot dan syaraf.

    Kelebihan potasium juga buruk untuk ginjal karena ginjal akan bekerja sangat keras untuk mengeluarkan kelebihan potasium di tubuh dan ini akan melemahkan kemampuan ginjal karena terlalu sering diforsir. Makan semangka terlalu banyak juga bisa menurunkan tekanan darah hingga Anda merasa pusing dan lemas.

Jadi, tetap makan buah semangka namun dengan porsi yang sehat ya agar tetap bisa mendapat manfaat sehat buah semangka.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading