Sukses

Beauty

Menstruasi Terasa Berat, Ini 3 Vitamin Penting Untuk Mengatasinya

Setiap wanita mengalami masalah menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang menjalani menstruasi tanpa masalah atau dikatakan normal, ada yang sering mengalami pendarahan hebat saat menstruasi. Hal ini bisa sangat mempengaruhi kondisi tubuh.

Ketika ada beberapa obat medis yang bisa mengatasi hal ini, beredar pula anggapan bahwa minum obat-obatan seperti itu justru tidak baik. Nah, daripada menggantungkan diri dengan obat-obatan kimia seperti itu, Anda bisa mengatasi menstruasi berat dengan vitamin alami dari sayuran dan buah-buahan, seperti dilansir livestrong.com.

    Vitamin A

    Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan kulit, menjaga fungsi jaringan tubuh, membran mukus, kelenjar tubuh, gigi, mata, proses menyusui dan sistem reproduksi. Sebuah laporan ilmiah dari South African Medical Journal, menyatakan bahwa kekurangan vitamin A menyebabkan masalah pendarahan hebat dan berat saat menstruasi atau disebut juga menorrhagia.

    Vitamin E

    Vitamin E juga dibutuhkan bukan hanya untuk sebagai antioksidan dan menjaga tubuh dari kerusakan sel, jaringan, dan organ di dalam tubuh, tapi juga membantu mengatasi menstruasi yang berat. Vitamin E menjaga sistem imun lebih kuat dan berfungsi secara optimal.

    Vitamin K

    Vitamin K jelas dibutuhkan tubuh saat menstruasi berat karena dikenal sebagai vitamin yang penting memproduksi sel-sel darah merah. Kadar vitamin K yang rendah di dalam tubuh bisa meningkatkan risiko mengalami pendarahan hebat saat menstruasi atau mengalami kram berkepanjangan saat menstruasi.

Makanan makanan yang kaya vitamin K seperti misalnya bayam, sawi, brokoli dan berbagai sayuran berdaun hijau. Makanan lainnya seperti kecambah, telur, daging dan ikan juga mengandung vitamin K. Sedangkan untuk vitamin A, Anda bisa mendapatkan dari buah-buahan seperti tomat, strawberry, semangka, melon, wortel, mangga dan lain sebagainya.

Vitamin E jarang ada di makanan, namun Anda tetap bisa mendapatkannya dari biji bunga matahari atau suplemen vitamin E. Berbagai makanan kaya vitamin A, E dan K akan mengurangi pendarahan berlebihan dan berat saat menstruasi dan membuat siklus menstruasi Anda lebih mudah dijalani.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading