Sukses

Beauty

Tubuh Kurang Fit? Baiknya Anda Mengonsumsi Ini

Saat tubuh kurang fit atau tidak enak badan, Anda harus lebih memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Saat sakit, tubuh kita butuh lebih banyak kalori untuk berfungsi normal. Kenapa? Karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk melawan infeksi, khususnya bila tubuh Anda berjuang melawan demam tinggi.

Nah, supaya kondisi tubuh bisa segera pulih dan fit kembali, baiknya Anda mengonsumsi makanan dan minuman ini. Dilansir dari womenshealthmag.com, mengurangi asupan kalori saat sakit justru akan memperparah gejala penyakit dan membuat proses penyembuhan makin lama. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi saat sakit. Diharapkan Anda bisa segera sembuh dengan mengonsumsi makanan-makanan ini.

    Sup Kaldu Ayam

    Ayam mengandung asam amino bernama sisteina yang bisa menipiskan mukus di paru-paru dan kaldu hangatnya bisa membuat laluan nasal lembab, mencegah dehidrasi, dan mengatasi peradangan di tenggorokan.

    Teh Hangat atau Air Lemon Hangat

    Air hangat bisa meredakan radang tenggorokan dan kongesti. Sehingga minum air teh hijau hangat yang baru diseduh cukup ideal untuk mencegah dehidrasi dan mengatasi hidung mampet. Alternatif lainnya adalah air lemon hangat.

    Buah-Buahan Sitrus

    Meski pada faktanya vitamin C tak bisa menyembuhkan penyakit flu, tapi buah-buahan sitrus bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses kesembuhan. Buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali memiliki lapisan putih lembut di bagian kulitnya yang mengandung flavonoid. Flavonoid inilah yang dapat meningkatkan imun tubuh dan mempercepat proses kesembuhan.

    Makanan Pedas

    Makanan pedas bisa melancarkan hidung tersumbat dan membuat air mata keluar. Selain itu, makanan pedas juga berfungsi sebagai decongestan alami. Untuk meredakan gejala-gejala kongesti, Anda bisa coba mengonsumsi makanan pedas, tapi jangan sampai berlebihan, ya Ladies.

    Buah Pisang

    Buah pisang kaya akan kalium yang biasanya akan paling kita butuhkan saat kita berkeringat, muntah, atau diare. Buah ini juga mudah dicerna, bisa menurunkan suhu tubuh, dan mengembalikan elektrolit yang hilang.

    Minuman Jahe Hangat

    Minum segelas jahe hangat atau teh jahe bisa mengatasi masalah dehidrasi juga mengatasi gangguan pencernaan. Jahe terbukti efektif mencegah dan mengatasi rasa mual dan gangguan perut seperti konstipasi, kembung, dan muntah.

Ladies, menjalani proses kesembuhan dengan mengonsumsi makanan yang tepat akan makin mempercepat mengembalikan tubuh fit Anda. Keep eating healthy and stay fit!

 
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading