Sukses

Beauty

Cara Tepat Mencegah Infeksi Kandung Kemih

Infeksi kandung kemih, juga dikenal sebagai cystitis, terjadi ketika bakteri berbahaya masuk uretra dan melakukan perjalanan ke kandung kemih. Siapapun dapat terkena infeksi ini, tetapi perempuan lebih rentan daripada pria. Hal ini karena wanita memiliki urethras lebih pendek, yang membuat bakteri mudah untuk mencapai kandung kemih.

Faktor lain yang meningkatkan risiko infeksi kandung kemih adalah penuaan, operasi di saluran kemih, kateter urin, kelainan saluran kemih, uretra sempit, pembesaran prostat, inkontinensia usus, kehamilan dan diabetes.

Bila Anda memiliki infeksi kandung kemih, Anda mungkin mengalami gejala seperti urin keruh, darah dalam urin, urin yang berbau busuk, nyeri atau sensasi terbakar ketika buang air kecil, dorongan sering buang air kecil dan tekanan di perut bagian bawah atau punggung bawah.

Berikut adalah 3 cara untuk mencegah infeksi kandung kemih, seperti yang dikutip dari top10homeremedies.com

    Minum air putih yang banyak

    Untuk mengurangi risiko infeksi kandung kemih, pastikan Anda minum air putih yang cukup setiap harinya. Dengan minum air yang cukup maka akan membantu tubuh untuk menghilangkan bakteri penyebab infeksi kandung kemih, dan juga membuat urine Anda menjadi lebih encer yang membuat Anda lebih muda untuk buang air kecil tanpa rasa sakit. 

    Menjaga kebersihan daerah kewanitaan Anda.

    Selalu menjaga kebersihan daerah kewanitaan Anda sangat penting untuk kandung kemih Anda. Setelah menggunakan toilet, lap dengan baik dari depan ke belakang dengan tisu toilet. Ini akan mencegah kuman memasuki uretra. Jangan menyeka dua kali dengan arah yang sama. Hindari menggunakan sabun di daerah kewanitaan Anda, kandungan sabun tersebut akan mematikan bakteri baik pada daerah kewanitaan Anda.

    Meningkatkan kekebalan tubuh

    Salah satu fungsi utama dari sistem kekebalan tubuh adalah untuk mencegah dan melawan infeksi. Oleh karena itu, Anda perlu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dengan memasukkan beberapa makanan meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu dengan memulailah hari Anda dengan segelas air lemon, minum 2 sampai 3 cangkir teh hijau setiap hari, dan minum segelas susu hangat kunyit setiap hari sebelum tidur. Selain itu makan makanan kaya vitamin C seperti brokoli, kiwi, paprika, stroberi, kubis dan tomat. Minum jus cranberry tanpa gula juga dapat membantu mencegah infeksi karena blok penyebaran bakteri. Makan makanan yang kaya vitamin D, seperti salmon, mackerel, daging organ, keju dan kuning telur.

Semoga bermanfaat informasinya ya, Ladies.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading