Sukses

Beauty

5 Tips Pola Makan Untuk Jaga Ginjal Tetap Sehat

Setiap organ tubuh memiliki fungsinya sendiri yang penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Sa;ah satu organ vital yang perlu dijaga kesehatannya adalah ginjal. Ginjal merupakan organ yang menyaring darah dari zat sisa berupa urin di dalam tubuh.

Namun seringkali ginjal tidak diperhatikan kesehatannya, dan banyak orang malas minum air. Tidak ingin ginjal Anda bocor atau mengalami gagal ginjal bukan? Dilansir dari indiatimes.com, berikut ini tips menjaga pola makan agar Anda bisa menjaga kesehatan ginjal.

    Makan probiotik setiap hari

    Probiotik dapat Anda dapatkan dari yogurt, ini adalah sumber utama probiotik yang mudah didapat. Bakteri baik ini bisa menguatkan ginjal dan membantu proses penyaringan zat sisa.

    Minum banyak air

    Jangan lupa minum 8 gelas per hari. Air membantu membuang zat sisa tubuh, terutama sodium (garam), urea dan berbagai racun di dalam tubuh. Jika urin berwarna kuning, itu berarti Anda kurang minum dan hal ini membuat ginjal bekerja keras.

    Kurangi konsumsi makanan berfosfor

    Fosfor berlebihan di dalam tubuh bisa membuat ginjal kesulitan menyaring darah, bahkan ginjal bisa berisiko mengalami pengerasan karena mineral ini. Hindari konsumsi minuman soft drink, berkarbonasi dan makanan berpengawet semacam sosis dan berbagai jenisnya.

    Makan sehat

    Perbanyak makan sayur dan buah sehingga bisa mencegah timbulnya penyakit. Makan makanan fresh dan hindari makan makanan rendah nutrisi seperti snack kemasan yang terlalu banyak garam.

    Jaga tekanan darah dan gula darah

    Penderita diabetes memiliki potensi merusak ginjalnya karena terlalu banyak gula di dalam darah. Begitu juga mereka yang memiliki hipertensi, karena darah mengalami tekanan lebih tinggi. Jangan terlalu banyak makan daging dan makanan berlemak.

Selain lima tips pola makan sehat di atas, lengkapi pula gaya hidup sehat Anda dengan olahraga cukup untuk menjaga ginjal sehat ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading