Sukses

Beauty

4 Cara Meredakan Sakit Perut Kronis Tanpa Minum Obat

Pada dasarnya, seseorang akan mengalami sakit perut setelah ia melakukan berbagai olahraga berat, posisi duduk yang tidak benar, terlalu banyak konsumsi makanan asam atau pedas dan gaya hidup yang tidak sehat. Sakit perut sendiri biasanya bisa diatasi dengan mudah melalui minum cukup air dan konsumsi makanan yang mudah untuk dicerna.

Namun, bagaimana jia sakit perut terjadi sejak lama dan telah berubah menjadi penyakit kronis? Sebelumnya perlu kita tahu bahwa sakit perut yang berkepanjangan bisa memicu iritasi dan luka atau peradangan di usus. Dilansir dari laman prevention.com, H. Christian Weber, MD. seorang gastroenterologist di Boston Medical Center mengungkapkan jika sakit perut dibiarkan begitu saja, ia akan menjadi kronis dan bisa mendorong munculnya penyakit yang lebih berbahaya di tubuh.

Namun Anda tidak perlu khawatir Ladies. Beberapa penelitian telah menemukan cara alami untuk meredakan dan mencegah sakit perut kronis. Dan cara alami tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

(vem/mim)
2 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Sehat

Agar perut terbebas dari masalah diare, kram atau masalah lainnya, pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, bersih dan masih segar. Beberapa makanan yang dipercaya mampu mencegah sekaligus meredakan sakit perut di antaranya adalah sayur dan buah.

Selain itu, makanan sehat lainnya adalah makanan yang dimasak hingga matang. Agar Anda terhindar dari masalah sakit perut, pastikan untuk tidak terlalu berlebihan ketika konsumsi makanan asam ataupun pedas.

3 dari 5 halaman

Melatih Kekuatan Otot Perut (Olahraga)

Beberapa study menyebutkan jika latihan otot perut bisa menurunkan risiko masalah perut. Study juga menyebutkan jika latihan ini dilakukan secara rutin, hal ini akan membuat pikiran menjadi lebih rileks, tubuh lebih fresh dan segar.

Christian Weber mengungkapkan, selain latihan otot perut, olahraga aerobik dan yoga juga bisa menjaga kesehatan tubuh seseorang termasuk kesehatan pencernaan. Weber menyarankan agar Anda tidak melewatkan olahraga agar tubuh selalu sehat dan sistem pencernaan pun terjaga kesehatannya.

4 dari 5 halaman

Jauhkan Diri Anda Dari Kondisi Stres

Sakit perut, kram ataupun masalah lain yang berhubungan dengan sistem pencernaan biasa disebabkan oleh kondisi stres. Penelitian menyebutkan jika otak dan usus memiliki hubungan yang sangat erat dan saling mempengaruhi satu sama lain. Ketika pencernaan kosong, hal ini akan berpengaruh pada sistem kerja otak dan membuat seseorang tidak fokus.

Sedangkan saat seseorang stres, sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik hingga memungkinkan terjadinya sakit perut. So, ketika Anda ingin sakit perut reda dan sistem pencernaan sehat, sangat disarankan agar tetap tenang dan jauh dari kondisi stres.

5 dari 5 halaman

Konsumsi Peppermint

Ketika sakit perut, Weber menyarankan agar kita mengkonsumsi daun peppermint. Jika pun tidak dikonsumsi, mengoleskan minyak peppermint di perut dipercaya akan meredakan rasa sakit akibat kram, diare maupun iritasi yang ada di usus.

Ladies, itulah beberapa cara alami untuk mengatasi masalah sakit perut. Selain beberapa hal di atas, sakit perut juga bisa diatasi dengan memanfaatkan biji pepaya, minum jamu yang terbuat dari rempah kunyit, konsumsi daun jambu biji, minum jamu yang terbuat dari rempah temulawak, minum air rebusan daun salam dan minum rebusan daun lidah buaya.

Meredakan dan mencegah sakit perut bisa dilakukan dengan istirahat yang cukup, menghentikan kebiasaan buruk konsumsi makanan berlemak, pedas dan asam juga berhenti dari aktivitas merokok ataupun minum minuman yang mengandung alkohol. Sekian informasi yang bisa kami berikan dan semoga bermanfaat ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Ampuh Menghindari Perut Kembung
Artikel Selanjutnya
Ladies, Inilah Manfaat Mengagumkan Rambut Jagung Untuk Kesehatan