Sukses

Beauty

Tidur Siang, 4 Manfaatnya untuk Tubuh dan Pikiran

Bagi sebagian orang, tidur siang dianggap sebagai sebuah kebiasaan buruk dan buang-buang waktu. Bahkan ada yang beranggapan kalau tidur siang hanya untuk orang-orang pemalas. Tapi ternyata kalau dilakukan dengan benar, tidur siang bisa memberi banyak manfaat, lho.

Jika Anda sering merasa sering kelelahan menjalani aktivitas sehari-hari, Anda bisa coba mengatur waktu untuk tidur siang. Dilansir dari lifehack.org, sebagian besar tubuh manusia membutuhkan dua kali tidur setiap harinya. Dengan tercukupinya kebutuhan tidur, maka kita bisa meningkatkan produktivitas tubuh, menstabilkan mood, dan bisa berkonsentrasi lebih baik lagi saat bekerja. Selengkapnya, yuk kita simak empat manfaat tidur siang untuk tubuh dan pikiran berikut ini.

Lebih Produktif
Dengan tidur siang, tubuh akan mendapatkan waktu istirahatnya yang cukup. Sehingga kita bisa lebih bugar dan produktif menjalani aktivitas sehari-hari. Penelitian menunjukkan bahwa ketika bangun tidur, detak jantung kita akan melambat 5 persen dan kemampuan kita untuk fokus akan meningkat sepertiganya. Kemampuan Anda untuk fokus juga bisa meningkat lebih dari 30 persen tanpa mengambil waktu jeda atau istirahat.

Mengurangi Risiko Kegemukan
Telah diteliti bahwa nutrisi dan vitamin bisa diproses tubuh lebih efektif saat kita sedang tidur. Saat kita bisa tidur cukup, maka berat badan juga bisa terjaga karena tubuh mendapatkan waktunya untuk istirahat dan proses metabolisme berjalan dengan baik. Tapi tetap perhatikan agar tidak mengonsumsi makanan berat sesaat sebelum tidur siang, ya Ladies.

Mengurangi Risiko Stres
Mendapat waktu tidur siang, Anda pun memiliki peluang untuk bisa menyelesaikan segala sesuatunya dengan lebih terkontrol. Dalam kondisi terjaga dan tidak lelah, Anda bisa mengerjakan setiap pekerjaan dengan konsentrasi yang baik. Sehingga tak ada pekerjaan yang menumpuk dan mood bisa tetap terjaga dengan baik. Stres? Hmm, bye bye!

Energi Tubuh Tetap Terjaga
Tubuh bisa isitirahat dengan cukup, maka energi pun bisa tetap terisi dengan baik. Aliran darah meningkat hingga tujuh persen dan bisa mengalir ke seluruh bagian tubuh. Rasa lelah pun bisa diminimalisir seoptimal mungkin.

Meluangkan waktu beberapa menit untuk tidur siang sama dengan memberi kesempatan tubuh untuk bisa "bernapas". Saat terbangun, Anda pun bisa melanjutkan aktivitas lebih optimal lagi. So, apakah Anda ingin coba menjadikan tidur siang sebagai kebiasaan harian Anda?

 

 

 

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading