Sukses

Beauty

3 Cara Mudah Membuat Kemampuan Otak Selalu Maksimal

Seiring dengan bertambahnya usia, tidak sedikit orang yang mengalami penurunan kemampuan otak. Karena penurunan kemampuan otak inilah, tidak sedikit orang yang menjadi pelupa, kemampuan berpikir berkurang, kecerdasan berkurang dan kepala akan pusing saat digunakan untuk berpikir berat. Berkurangnya kemampuan berpikir seseorang sebenarnya tidak hanya disebabkan karena pertambahan usia. Kecelakaan atau cidera kepala juga menjadi penyebab utama kenapa kemampuan berpikir seseorang akan menurun.

Dilansir dari laman prevention.com, ada cara mudah yang bisa dilakukan di rumah agar kemampuan otak bisa selalu maksimal. Beberapa penelitian bahkan percaya bahwa latihan ini juga bisa memulihkan kemampuan otak seseorang yang berkurang karena kecelakaan atau cidera kepala maupun otak. Penasaran apa saja cara mudah tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

(vem/mim)
2 dari 4 halaman

Memakai Sepatu High Heels

Memakai sepatu hal tinggi atau heels rupanya tidak hanya membuat seorang wanita tambah percaya diri saja. Lebih jauh, heels bisa membuat kemampuan otak seseorang akan lebih fokus, selalu sehat dan mampu berpikir dengan cepat. Dara Schwartz, seorang psikolog dari Rumah Sakit Tajam Mesa Vista mengatakan jika memakai sepatu hal tinggi akan membuat seseorang menjadi lebih fokus.

Ketika seseorang mengenakan sepatu hak tinggi dan berjalan-jalan santai setidaknya 5 sampai 10 menit setiap hari, hal ini akan memperlancar peredaran darah dalam tubuh hingga otak. Jika sistem peredaran darah di otak bekerja dengan baik, tentu hal ini akan membuat otak menjadi sehat dan daya pikir otak juga akan maksimal. Namun ingat Ladies, memakai heels sepanjang waktu justru dikatakan sangat tidak baik dan bisa mengganggu kesehatan.

3 dari 4 halaman

Melatih Otak Kanan Dan Kiri

Agar otak selalu fokus, sehat dan bisa berpikir dengan baik, usahakan untuk selalu melatih kemampuan otak kanan ataupun otak kiri Anda. Melatih kemampuan kedua otak ini bisa membuat kemampuan otak menjadi seimbang dan bekerja dengan baik setiap harinya. Schwartz mengungkapkan jika membuat otak berpikir keras baik untuk otak kanan atau otak kiri, hal ini akan membuat otak justru lebih fokus dan semakin cerdas.

Untuk melatih kemampuan otak kanan dan kiri secara seimbang, Schwartz menyarankan agar menggunakan kedua tangan secara bergantian saat mengerjakan sesuatu. Usahakan untuk secara rutin menggunakan tangan kanan atau kiri dalam mengerjakan tugas sehari-hari. So, selamat mencoba ya.

4 dari 4 halaman

Melatih Kemampuan Sensorik Secara Teratur

Agar otak bisa selalu sehat dan fokus, pastikan untuk melatih kemampuan sensorik diri Anda. Dengan melatih kemampuan sensorik secara baik, hal ini akan membuat otak semakin fokus dan bekerja dengan baik pula. Schwartz mengungkapkan jika melatih kemampuan sensorik bisa dilakukan dengan meraba atau mencium bumbu masak di dapur dengan mata tertutup dan menebak nama bumbu tersebut. Latihan juga bisa dilakukan dengan memilih pakaian favorit Anda di lemari dengan mata tertutup.

Ladies, itulah beberapa cara mudah agar otak selalu sehat dan fokus. Selain cara di atas, agar otak selalu sehat dan fokus, pastikan untuk menjalani pola hidup yang sehat, minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup, hindari konsumsi makanan atau minuman instan dan pastikan untuk perbanyak membaca. Semoga informasi ini bermanfaat ya... :)

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Latihan Sederhana Untuk Tubuh dan Otak Sehat
Artikel Selanjutnya
4 Cara Meredakan Sakit Perut Kronis Tanpa Minum Obat