Sukses

Beauty

Langkah Mudah Meredakan Kaki Bengkak

Pernah mengalami kaki bengkak? Ada beberapa penyebab mengapa kaki Anda bengkak, seperti kelebihan berat badan, kehamilan, kekurangan nutrisi dan peredaran darah yang kurang baik. Cedera juga dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki. Jika Anda memiliki diabetes, masalah jantung, ginjal atau penyakit hati, maka Anda akan berisiko lebih tinggi untuk terkena kaki bengkak.

Kaki bengkak akan membuat tidak nyaman pada diri Anda, berikut adalah solusi untuk meringankan kaki bengkak seperti yang dilansir top10homeremedies.com yaitu:

    Hidroterapi

    Hidroterapi, adalah teknik terapi dengan cara merendam kaki pada air dingin dan panas secara bergantian. Air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sedangkan air dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada kaki. Rendam kaki Anda pada air hangat kurang lebih empat menit, lalu pindahkan kaki Anda pada air dingin selama satu menit. Lakukan bergantian hingga 20 menit. Ulangi sampai bengkak kaki Anda berkurang.

    Pijat

    Memberikan pijatan pada kaki yang bermasalah akan memberikan tekanan pada daerah yang bengkak, sehingga dapat mengendurkan otot yang pegal. Pijat juga dapat mendorong drainase kelebihan cairan sehingga dapat mengurangi pembengkakan. Untuk memberi efek nyaman Anda dapat memijat kaki Anda dengan minyak zaitun, pijat secara lembut ke arah atas bukan ke arah bawah. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

    Jahe

    Jahe adalah diuretik alami yang membantu mengobati kaki bengkak. Jahe dapat membantu mencairkan natrium, faktor utama di balik pembengkakan. Selain itu, kandungan anti-inflamasi pada jahe membantu mengurangi pembengkakan. Minum dua sampai tiga kali sehari teh jahe, atau Anda dapat mengunyah langsung irisan jahe.

    Air Lemon

    Minum air lemon membantu mengurangi kelebihan cairan dan racun dari tubuh Anda, yang dapat mengurangi pembengkakan pada kaki dan area lain dari tubuh yang disebabkan oleh retensi air. Selain itu, air lemon juga membantu menjaga tubuh terhidrasi dan memberikan manfaat anti-inflamasi. 

    Biji Ketumbar

    Ketumbar memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dengan cara meningkatkan sirkulasi darah. Rebus 2 sampai tiga sendok ketumbar dalam satu cangkir air, biarkan sampai tinggal setengahnya. Minum dua kali sehari, ulangi sampai sembuh.

Jika bengkak pada kaki Anda belum segera sembuh, berkonsultasi kepada dokter juga perlu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading