Sukses

Beauty

Kanker Payudara, Yuk Hindari dengan 5 Cara Sederhana Ini

Kanker payudara tak ubahnya momok menakutkan bagi banyak wanita. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Dan penyebabnya juga susah ditemukan.

Tapi penyakit ini juga bisa dicegah sejak dini. Dikutip dari prevention.com, ada sejumlah kebiasaan sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah kanker payudara. Cara-cara ini terbilang sederhana karena bisa langsung kita lakukan sekarang juga. Selengkapnya, simak infonya di bawah ini.

    Membuat Tubuh Selalu Aktif Bergerak

    "Olahraga bisa menurunkan kadar estrogen yang berkaitan dengan penyakit kanker payudara," ungkap Debbie Saslow. Sangat disarankan untuk melakukan aktivitas yang dapat memacu jantung 45-60 menit setiap harinya. Tapi melakukan olahraga 30 menit per hari, 5 hari seminggu juga bisa dikatakan sudah cukup. Membuat tubuh selalu aktif berolahraga bisa bantu kita hindari penyakit kanker payudara.

    Jaga Berat Badan Tubuh

    Setelah menopause, wanita obesitas mengalami risiko dua kali lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan wanita dengan berat normal. Penting sekali untuk menjaga berat badan tubuh tetap proporsional. Jangan sampai kelebihan berat badan, ya Ladies.

    Dapatkan Asupan Vitamin D yang Cukup

    Menurut penelitian yang dipublikasikan di pertemuan tahunan American Society of Clinical Oncologists, pasien kanker payudara yang kekurangan vitamin D memiliki risiko 94 persen lebih besar sel kankernya cepat menyebar dibandingkan pasien yang mendapat asupan vitamin D yang cukup. Baiknya kita tak boleh melewatkan asupan vitamin D yang cukup agar bisa terhindar dari penyakit kanker payudara.

    Batasi Terapi Hormon

    Melakukan terapi hormon dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Kalau pun mau melakukan terapi hormon, batasi hingga tak lebih dari lima tahun. Dan selalu berkonsultasi dengan dokter, ya Ladies sebelum melakukan terapi hormon ini.

    Jangan Merokok atau Minum Alkohol

    Ingin terhindar dari kanker payudara? Hindari rokok dan minuman beralkohol, ya Ladies. Dikutip dari mayoclinic.org, sudah ada sejumlah bukti yang membuktikan adanya hubungan antara merokok dan penyakit kanker payudara, khususnya yang dialami wanita sebelum menopause.



Lebih baik mencegah daripada mengobati. Hindari penyakit kanker payudara sejak dini dengan mengubah gaya hidup jadi lebih baik dan sehat lagi.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading