Sukses

Beauty

Habis Baca Ini, Kamu Nggak Bakal Malu Lagi untuk Menangis

Namanya hidup, kadang kita bisa bahagia tapi juga sedih. Ada saatnya untuk tertawa, tapi juga ada kalanya kita menangis. Hanya saja masih banyak yang beranggapan kalau menangis itu tanda mental yang lemah. Atau ada yang beranggapan kalau nangis itu bikin kita terlihat cengeng.

Padahal faktanya, menangis bisa bikin kita lebih bahagia. Dikutip dari laman lifehack.org, orang yang berani mengekspresikan kesedihannya bisa memiliki mental yang lebih sehat dibandingkan mereka yang hanya memendamnya sendiri. Menangis bukan simbol kelemahan. Justru menangis adalah bukti kalau kamu adalah manusia yang punya perasaan dan emosi. Menangis bisa memberikan arti hidup buatmu.

Air Mata Bisa Bantu Keluarkan Racun
Saat kita menangis, air mata yang keluar bantu proses pengeluaran racun tubuh, meningkatkan kemampuan penglihatan, dan membunuh 90-95 persen bakteri dalam waktu 5-10 menit. Selain itu, menangis juga bisa bantu redakan stres dan perasaan tertekan yang kita alami.

Menangis Bisa Bikin Hati Lebih Bahagia
Penelitian psikologi baru-baru ini menemukan bahwa menangis bisa merangsang pengeluaran hormon endorfin (hormon 'bahagia') yang juga berfungsi sebagai pereda rasa nyeri. Menangis juga dapat mengurangi kadar mangan, senyawa yang jika berlebihan bisa memperburuk kondisi otak dan tubuh.

Meski menangis tak langsung menyelesaikan masalah yang kamu alami, tapi dengan menangis, hati dan perasaanmu bisa terasa lebih ringan. Sehingga kamu bisa lebih mudah berpikir jernih setelah menangis untuk menyelesaikan masalah.

Menangis Bisa Menguatkan Mental
Daripada kesedihan itu dipendam, lebih baik dikeluarkan saja. Caranya ya dengan menangis. Menangislah sepuasnya, tapi setelah itu sudah. Menangislah hingga perasaanmu terasa lebih ringan. Kemudian kembalilah seperti sedia kala.

Menangis juga jadi cara untuk bantu kita menerima emosi dan perasaan kita. Saat kita sudah "berani jujur" dengan diri sendiri, kita akan merasa lebih tenang. Mau berpikir jernih pun terasa lebih mudah.

Menangis tak selalu jadi tanda kamu orang lemah. Menangis justru bisa membuatmu merasa lebih kuat. Dan yang terpenting kamu bisa lega telah melepaskan semua emosi negatif itu dengan menangis.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading