Sukses

Beauty

Sering Merasa Cemas? Jangan Khawatir, Atasi Dengan Cara Cerdas Ini Ladies

Perasaan cemas merupakan salah satu perasaan yang wajar dialami setiap orang. Biasanya, perasaan cemas atau takut terjadi ketika kita sedang dilanda galau, merasa khawatir yang terkadang tak diketahui penyebabnya atau merasa ketakutan tanpa sebab yang jelas. Menurut beberapa penelitian dan ahli psikologi, perasaan cemas merupakan salah satu perasaan yang mengganggu kesehatan mental. Jika perasaan cemas tak bisa diobati atau dicegah dengan baik, orang-orang yang cenderung mengalami kecemasan akan mudah depresi bahkan bisa juga berisiko mengalami gangguan mental.

Dikutip dari laman metro.co.uk, ketika kita merasa cemas, satu hal yang perlu kita lakukan adalah untuk tidak khawatir dan tetap tenang. Pada dasarnya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengatasi perasaan cemas yang menghantui diri kita. Apa saja cara cerdas tersebut? Berikut caranya.

    Cari Masalah Yang Sedang Kamu Hadapi

    Cari tahu apa yang sebenarnya membuat perasaan kamu cemas dan khawatir. Jika sudah ketemu masalahnya, kamu hanya perlu lebih bersabar dan coba mengatasi masalah tersebut.

    Tanyakan Pada Diri Sendiri

    Apakah kamu lapar, marah, kesepian atau lelah? Jika kamu sudah tahu dengan apa yang terjadi pada diri kamu, kamu bisa mengatasinya dan menentukan apa yang harusnya kamu lakukan agar perasaan cemas tersebut pergi dari hati kamu.

    Ambil Nafas Dalam-Dalam

    Cobalah untuk mengambil nafas dalam-dalam sebanyak 7 sampai 10 kali. Para ahli psikologi mengungkapkan jika mengambil nafas dalam-dalam akan membantu kita menjadi pribadi yang lebih tenang dan bahagia. Karena inilah, tidak heran jika ambil nafas dalam-dalam selalu ada dalam olahraga yoga.

    Minum Air Putih

    Saat kamu mulai merasa cemas dan khawatir, usahakan untuk mengambil minum dan minumlah secara pelan-pelan. Akan sangat baik jika kamu minum air putih. Minum merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk meredam perasaan cemas.

    Melakukan Spa Atau Perawatan Tubuh Lainnya

    Untuk mengatasi perasaan cemas, sepertinya kamu perlu melakukan spa dan perawatan tubuh lainnya. Jika tak suka melakukan perawatan tubuh di klinik atau salon kecantikan, kamu bisa melakukan perawatan ini di rumah. Selain melakukan perawatan tubuh, kamu juga bisa melakukan pijat refleksi.

    Kumpul Dengan Keluarga Tercinta

    Berkumpul bersama keluarga tercinta adalah cara mudah untuk mengatasi cemas. Dengan berkumpul bersama keluarga, kamu akan merasa lebih tenang dan terlindungi. Jika saat ini kamu sedang jauh dari keluarga karena merantau ke luar kota atau luar negeri, kamu cukup perlu berkumpul dan ngobrol ringan bersama teman-teman kamu di tempat baru kamu.

    Jalan-Jalan di Taman

    Untuk membunuh perasaan cemas di hati kamu, cobalah untuk jalan-jalan sekedar duduk-duduk di taman. Berada di taman dan melihat bunga atau tanaman lain yang tumbuh di taman perlahan akan membuat perasaan kamu nyaman.


Ladies, itulah beberapa hal sederhana namun cerdas yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perasaan cemas. Jika kamu sedang merasa cemas, usahakan untuk tidak melampiaskannya dengan minum-minuman beralkohol, konsumsi obat terlarang atau obat anti depresi. Hal ini justru akan membuat kamu makin cemas. Pastikan untuk selalu melakukan berbagai aktivitas positif ya. Semoga tips ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading