Sukses

Beauty

Yum! Makan Apel, Selain Enak Bisa Menurunkan Kolesterol..

Anda pasti sudah sering mendengar pepatah yang mengatakan mengatakan ‘an apple a day keeps the doctor away’, kan? Meski terdengar mustahil, pepatah ini benar adanya lho, Ladies. Sebab,  apel memiliki banyak kandungan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol. Asik banget kan? Yap.

Seperti dilansir laman www.whfoods.com, apel berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Jika kita mengonsumsi buah apel setidaknya 2 kali dalam sehari makan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita akan turun sebanyak 16%. Wow! Selain bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, apel juga terbukti sebagai buah penolong dalam diet. Pasalnya mengonsumsi satu buah apel di pagi hari akan membuat kita tetap kenyang sampai siang.

Selain mengontrol kolesterol dan membantu Anda dalam diet, apel masih memiliki segudang manfaat yang sayang banget untuk dilewatkan. Apa saja sih manfaat apel yang lainnya? Yuk, simak.

    Mengontrol Diabetes

    Kandungan pectin pada apel mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin atau hormon penyebab diabetes. Nah, secara otomatis ketika kita rajin mengonsumsi apel setiap harinya, kadar gula darah pun akan terkontrol, dan Anda bisa say "bye" pada diabetes.

    Mencegah Kanker Usus

    Sebuah studi tentang apel yang menjadikan tikus sebagai subjek studinya menunjukkan bahwa tikus yang diberi makan ekstrak kulit apel, memiliki resiko 43% lebih rendah terkena kanker saluran pencernaan. Hal ini disebabkan apel memiliki kandungan pectin yang tinggi dan berperan dalam menekan resiko kanker pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

    Mencegah Asma

    Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang anak yang mengkonsumsi jus apel setiap hari secara rutin memiliki resiko sangat rendah terkena gangguan pernafasan dibandingkan anak yang hanya mengkonsumsi jus apel sebulan sekali. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang gemar mengkonsumsi apel setiap harinya memiliki resiko yang rendah terkena asma, dibandingkan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi jus apel.

    Mencegah Al-zheimer

    Studi yang dilakukan oleh Universitas Cornell menemukan bahwa kandungan quercetin pada apel akan melindungi otak dari radikal bebas yang membahayakan dan memicu penyakit Al-zheimer.

Nah, dengan segudang manfaat yang dimiliki oleh apel ini, tentunya meski Anda bukan putri salju, Anda tidak perlu ragu untuk rajin mengonsumsi apel setiap harinya ya!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading