Sukses

Beauty

Lifestyle yang Salah Bisa Picu Tumbuhnya Kista? Duh.. Benar Nggak ya?

Ladies, Anda mungkin sudah sering mendengar tentang penyakit kista, ya? Tapi, sudahkah Anda mengetahui, apa sih kista yang sesungguhnya? Dan, apa sih yang menjadi pemicunya? Yuk, simak ulasan berikut ini agar kita lebih paham mengenai kista.

Seperti dilansir laman www.thefreshcarrot.ca, kista merupakan kantung abnormal di dalamnya berisikan cairan yang tumbuh tidak hanya pada ovarium (indungĀ  telur) atau ujung-ujung pada saluran telur atau fimbria, namun juga tumbuh di kulit, juga paru-paru hingga otak.

Meski kista bisa tumbuh di mana saja, jenis kista yang paling sering dialami oleh wanita adalah kista yang tumbuh di ovarium. Hingga saat ini, penyebab tumbuhnya kista ini belum dapat dipastikan. namun, salah satu yang dicurigai menjadi kontributor dalam tumbuhnya kista ini adalah lifestyle atau gaya hidup yang kurang sehat.

Gaya hidup yang kurang sehat akan sangat mudah memicu penyakit kista. Gaya hidup kurang sehat ini, contohnya mengkonsumsi makanan-makanan instan yang mengandung banyak zat kimia-yang notabene buruk bagi kesehatan tubuh-,terpapar polusi udara, merokok, serta mengkonsumsi minuman beralkohol.

Selain itu, kecanduan kafein atau minuman berkarbonasi juga merupakan kebiasaan yang dianggap berpengaruh terhadap tingginya resiko munculnya kista di dalam tubuh. Wah, harus benar-benar berhati-hati ya?

Yap. Karena gaya hidup yang kurang sehat dapat memicu tumbuhnya kista, maka hal ini memberikan implikasi bahwa Anda sebaiknya memperhatikan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya nutrisi, instead of bahan-bahan kimia yang bersifat racun bagi tubuh.

Walaupun tergolong ke dalam penyakit yang jinak namun kista ini memiliki potensi yang sangat besar menjadi penyakit yang ganas.Oleh sebab itu, kita sebagai wanita, harus benar-benar hati-hati dalam menjaga kesehatan dan aware pada segala macam perubahan yang terjadi dalam tubuh kita. Sebab, kista yang terdeteksi sedini mungkin akan mengurangi resiko perkembangannya untuk menjadi penyakit yang berbahaya. Salah satu awareness ini bisa kita lakukan dengan memperhatikan siklus menstruasi serta apa yang kita rasakan selama mens.

Jika siklus mens tidak teratur dan Anda sering merasakan kesakitan yang berlebihan saat mens, memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti di balik keterlambatan dan rasa sakit saat menstruasi.

So, itulah sekilas tentang kista. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kikta semua ya!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading