Sukses

Beauty

Wanita Dengan Kaki Kuat Ternyata Punya Otak Yang Sehat Saat Tua Nanti

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan otak, salah satunya adalah dengan cara melatih otak dengan berbagai permainan agar otak tetap aktif, dan makan makanan penunjang kesehatan otak. Namun pernahkah kamu menyangka bahwa kesehatan otak ternyata berhubungan erat dengan kesehatan kaki?

Dikutip dari bbc.com, wanita tua dengan kaki yang kuat cenderung sangat baik mengatasi penuaan otak, dan hal ini didukung dengan penelitian pada lebih dari 300 orang kembar. Dalam penelitian tersebut, 150 pasang orang kembar dengan usia 43-73 tahun diuji dan menunjukkan hasil bahwa mereka yang melakukan aktivitas fisik melibatkan kaki bukan hanya menguatkan otot kaki namun juga menunjukkan sedikitnya perubahan penuaan pada otak.

Tim peneliti The King's College London mengatakan bahwa kekuatan kaki bisa jadi tolak ukur sehat tidaknya otak seseorang saat tua nanti. Orang yang melakukan olahraga rutin yang melibatkan gerakan kaki dan menguatkan kaki cenderung memiliki otak sehat dengan pemikiran yang stabil. Olahraga memicu pelepasan senyawa kimia dalam tubuh yang mampu meningkatkan kemampuan otak.

Tentu saja ada banyak faktor lain yang mempengaruhi kesehatan otak di masa tua nanti selain kekuatan kaki. Namun jelas, bahwa gaya hidup sehat dengan menerapkan olahraga berpengaruh besar terhadap pencegahan penuaan kemampuan otak.

Meski masih butuh banyak penelitian lain untuk membuktikan hal ini, namun penemuan ini merupakan kemajuan yang membuka alternatif lain menjaga kebugaran otak bahwa olahraga dan menguatkan kaki juga akan berpengaruh baik terhadap kesehatan tubuh, terutama otak. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading