Sukses

Beauty

Diabetes Dapat Diatasi, Dengan Pola Hidup Yang Benar

Diabetes merupakan penyakit yang dapat terjadi pada semua orang. Bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga diabetes, lebih besar kemungkinannya untuk menderita penyakit tersebut. Resiko lainnya adalah dengan berat badan berlebih atau gemuk, kolesterol tinggi dan hipertensi serta kurangnya olahraga.

Bertepatan dengan Hari Diabetes, dr. Wenny Tan pun ikut berbagi tentang menjaga kesehatan tubuh dari diabetes. Menurut dr. Wenny Tan, diabetes adalah penyakit metabolik yang diderita seseorang, dan memiliki dua tipe. Tipe satu didapat dari lahir dengan diabetes sedangkan tipe kedua timbul karena pola hidup yang salah atau bisa juga dikarenakan faktor genetik (keturunan).  

"Kalau orang tersebut tidak menjaga pola dengan baik, resiko terkena diabetes lebih besar dari mereka yang garis keturunannya tidak terkena diabetes. Orang paham penyakit diabetes adalah kadar gula yang tinggi di dalam darah, kadar gula yang tinggi di dalam darah harus di range yang normal," ungkap dr. Wenny kepada Vemale di kawasan Jakarta Barat Selasa 10 November 2015.

 dr. Wenny Tan/ copyright by Vemale.com

Ia pun berkata, jika penyakit diabetes tidak di-maintain dengan baik dan pola hidup tidak berubah, maka akan sulit untuk memiliki tubuh yang sehat (tidak bisa disembuhkan).

"Karena sistem tubuh manusia itu berkaitan satu dengan yang lainnya, saling berhubungan. Diabetes itu tidak seperti radang tenggorokan yang bisa sembuh bila minum antibiotik," tegasnya.

"Tapi, diabetes itu bisa ditekan, ada beberapa kasus yang saya lihat sendiri,  mereka yang pola hidupnya berubah, ternyata kadar gula dalam darahnya bisa normal dan di maintain sehingga di range yang normal. Diabates itu bisa di maintain dengan baik dengan kedisplinan yang tinggi," tambah dr. Wenny.

Faktor lifestyle yang buruk, seperti kurang aktivitas atau berolahraga, lalu makan makanan yang banyak lemak atau yang manis-manis, ditambah merokok, semuanya tertimbun di dalam tubuh yang membuat berat badan tidak terjaga dan tidak sehat.

"Terkena diabetes itu harus pergi berobat ke dokter, kemudian diberikan obat-obatan. Menjaga pola hidup, olahraga, pola makan diubah. Karena bila kita mengubah pola hidup sehat diabetes bisa dikontrol dengan baik. Kalau hidupnya tidak berubah (balik lagi), kadar gula dalam darahnya naik lagi," katanya.

Nah itu dia Ladies, yuk dari sekarang mulai mengubah pola hidup kamu dengan yang sehat, sehingga penyakit diabetes bisa dikontrol, dan lebih baik lagi, bisa dicegah sejak dini.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading