Sukses

Beauty

Nggak Mau Jerawatan? Kurangi Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Nggak ada yang lebih bikin bete kecuali jerawat yang tiba-tiba nongol di wajah. Apalagi jika kita sudah terbilang rajin untuk merawat dan membersihkan wajah setiap harinya. Kalau sudah begini, salah satu solusinya adalah mengatur ulang pola makan kita.

Ada jenis makanan tertentu yang sebaiknya dikurangi kalau nggak mau gampang jerawatan. Dilansir dari laman organicauthority.com, ada lima jenis makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. So, kalau kamu nggak jerawat terus nongol di wajah, sebaiknya kurangi konsumsi jenis makanan ini.

    Gula

    Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis atau gula bisa bikin jerawat gampang muncul. Kebanyakan konsumsi gula bisa meningkatkan produksi insulin, sehingga produksi sebum juga makin menumpuk dan menyumbat pori-pori. Kalau mau makan yang manis-manis, ada baiknya konsumsi buah segar seperti blewah yang juga kaya akan beta karoten.

    Produk Ternak Sapi

    Kebanyakan konsumsi olahan ternak sapi seperti susu dan keju juga bisa sebabkan jerawat. Para peneliti meyakini kalau penyebabnya adalah karena penggunaan hormon dan bahan tambahan (estrogen, progesteron, steroid, dsb) serta kandungan gula itu sendiri. Namun, makanan kaya kalsium juga penting untuk mendapatkan kulit sehat, jadi pastikan kamu juga bisa mendapatkan kandungan gizinya dari sayuran seperti kedelai, brokoli, dan kale.

    Kafein

    Kafein ternyata juga bisa jadi pemicu munculnya jerawat. Ini karena kandungannya bisa mengganggu keseimbangan hormon dan membuat tubuh stres. Jadi, kalau meminumnya jangan sampai terlalu berlebihan, ya Ladies.

    Makanan Olahan/Instan

    Makanan yang tinggi indek glisemiknya, terlalu asin, atau yang mengandung gluten bisa mempengaruhi gula darah dan kadar hormon. Seperti gula, makanan olahan/instan kalau dikonsumsi berlebihan bisa membuat produksi insulin berlebih dan jerawat jadi gampang muncul. Sebagai gantinya, konsumsi lebih banyak produk segar dan organik.

    Makanan Berminyak/Digoreng

    Meski banyak penelitian yang menyimpulkan kalau minyak tak menyebabkan jerawat, tapi beberapa percaya kalau korelasinya ada. Penggunaan minyak kualitas rendah dan makanan yang diproses berlebih bisa meningkatkan produksi insulin dan menyebabkan jerawat.

Selain mengurangi atau membatasi konsumsi makanan di atas, ada sejumlah hal lain yang perlu kamu lakukan agar nggak gampang jerawatan. Minumlah cukup air putih. Dapatkan kualitas tidur yang cukup dan baik. Lakukan olahraga teratur. Dan jangan gampang stres, ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading