Sukses

Beauty

BAB Lebih Cepat dan Lancar, 8 Tips Ini Solusinya

Susah buang air besar (BAB) tak bisa begitu saja disepelekan. Kalau "urusan ke belakang" tidak lancar maka aktivitas bisa terganggu dan kesehatan juga bisa bermasalah. Belum lagi dengan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Kalau sudah begini, mau tak mau kita harus segera cari jalan keluarnya.

Dilansir dari diply.com, ada sejumlah tips yang bisa dicoba agar BAB lebih cepat dan lancar. Tips-tips ini bisa langsung kamu coba sekarang juga. Let's take a look!


1. Konsumsi Serat
Para dokter dari University of California San Fransisco merekomendasikan konsumsi 25-30 gram serat per harinya. Jadi jangan lupa konsumsi buah dan sayur, ya Ladies.

2. Posisi Jongkok
Agar saat BAB lebih lancar dan cepat, usahakan posisimu berjongkok. Kalau pakai WC duduk, coba sangga kedua kaki dengan bangku hingga kaki tertekuk agak jongkok.

3. Minum Air Putih
Konstipasi kronis bisa disebabkan oleh kurangnya minum air putih. Jadi pastikan kebutuhan cairan tubuhmu tercukupi agar lancar BAB.

4. Minum Kopi Hangat
Selain memastikan tubuhmu tercukupi kebutuhan airnya, minum segelas kopi hangat juga dipercaya bisa melancarkan urusan BAB.

5. Gerakkan Tubuh
Ingin pencernaan lancar? Berolahragalah atau minimal lakukan gerakan fisik.

6. Pijat
Pijatan juga bisa membantu melancarkan BAB. Coba pijat area perineum (daerah tubuh antara anus dan vulva pada wanita, dan antara anus dan skrotum pada laki-laki). Menurut para dokter di Yale University, menekan area perineum itu seperti menekan tombol ajaib yang memudahkan proses BAB.

7. Luangkan Waktu Khusus
Biasanya proses BAB rutin terjadi pada jam-jam yang sama. Jadi coba perhatikan dan tandai lagi pukul berapa biasanya kamu BAB. Setelah itu luangkan waktu khusus setiap harinya untuk menuntaskan BABmu.

8. Konsumsi Probiotik
Mengonsumsi probiotik juga bisa jadi cara untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kalau kamu punya masalah atau gangguan pencernaan sampai susah BAB, coba konsumsi yogurt.


BAB lancar maka kesehatan tubuh akan lebih terjaga. Semoga info ini bermanfaat, Ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading