Sukses

Beauty

5 Alasan Kenapa Memar Sering Muncul Secara Tiba-Tiba di Tubuh Kamu

Saat mengamati permukaan kulit tubuh, tidak jarang kita akan mendapati permukaan kulit mengalami lebam, memar atau ruam. Padahal, kita tidak terkena benturan atau hal lain yang menyebabkan memar tersebut sebelumnya. Bagi sebagian orang, mungkin menganggap hal ini adalah suatu hal yang biasa. Biasanya, memar akan muncul dengan warna merah atau keungu-unguan. Dan saat kita menekan memar tersebut, rasanya juga akan sedikit sakit.

Jika kamu mengalami hal ini, usahakan untuk tidak menganggap remeh hal ini Ladies. Selain benturan, ada beberapa penyebab lain yang sering kali membuat kulit mengalami memar, lebam atau ruam. Dilansir dari laman boldsky.com, inilah penyebab muncul memar di tubuh secara tiba-tiba.

    Olahraga

    Hal pertama yang menjadi penyebab dari memar di tubuh adalah olahraga. Bagaimana bisa olahraga menjadi penyebab memar? Baiklah, begini penjelasannya. Saat melakukan olahraga, maka akan ada banyak otot yang mengalami ketegangan. Dan karena ketegangan inilah, tidak jarang membuat pembuluh darah di otot pecah. Jika sudah begitu, maka memar pun akan terjadi di kulit tubuh kamu.

    Diabetes

    Untuk penyebab kedua kenapa sering muncul memar di tubuh adalah risiko diabetes. Beberapa penelitian dan ahli kesehatan mengungkapkan jika indikasi awal diabetes bisa dilihat dari sering munculnya memar di tubuh secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Jika kamu mengalami memar dan ada riwayat keluarga yang terkena diabetes, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter ya.

    Kekurangan Vitamin C

    Memar yang sering muncul tiba-tiba juga bisa disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan vitamin C. Yap, vitamin C merupakan salah satu vitamin paling penting yang dibutuhkan tubuh. Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada tubuh ketika tubuh kehilangan vitamin C. Dan salah satu masalah tersebut adalah memar di tubuh.

    Penuaan

    Untuk penyebab selanjutnya adalah penuaan. Bagaimana bisa penuaan menyebabkan tubuh memar? Saat menua, maka produksi kolagen dalam tubuh yang akan melindungi kulit menurun. Karena penurunan inilah, tubuh pun akan lebih mudah mengalami memar secara tiba-tiba.

    Gangguan Darah

    Penyebab kenapa tubuh memar yang ke lima adalah adanya gangguan darah. Gangguan darah seperti hemofilia dikatakan bisa membuat tubuh mengalami memar secara tiba-tiba. Bahkan, kontak fisik yang sangat ringan pun bisa menyebabkan memar. Untuk beberapa kasus, memar yang sering terjadi di tubuh karena gangguan darah ini dipercaya sebagai indikasi adanya risiko kanker darah.


Ladies, itulah beberapa penyebab kenapa memar di tubuh sering kali muncul secara tiba-tiba. Jika kamu mengalami hal ini, usahakan untuk tidak meremehkannya ya. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua dianugerahi tubuh serta pikiran yang sehat selalu.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading