Sukses

Beauty

5 Gejala Awal Serangan Jantung Yang Perlu Kamu Waspadai

Selain kanker, salah satu penyakit yang bisa membunuh setiap saat dan sangat sulit diketahui gejala awalnya adalah serangan jantung. Yap, selama ini, telah banyak orang kehilangan nyawa akibat serangan jantung. Yang lebih menyedihkan lagi, beberapa orang yang meninggal karena serangan jantung tak pernah sadar bahwa ia sedang sakit jantung. Mengingat akan hal ini, sangat disarankan untuk kita semua selalu waspada dalam menjaga dan merawat kesehatan jantung.

Agar kita bisa menjaga dan merawat jantung, alangkah baiknya jika kita memiliki pola hidup yang sehat, olahraga cukup tapi tak berlebihan dan mengenal ciri-ciri atau gejala awal dari risiko adanya penyakit jantung. Seperti yang kami kutip dari laman boldsky.com, ada beberapa gejala awal dari serangan jantung yang sangat perlu untuk kita waspadai. Gejala tersebut antara lain adalah:

    Sakit Kepala / Pusing

    Setiap orang tentu pernah merasa sakit kepala atau pusing. Sebetulnya, sakit kepala bisa disebabkan oleh apapun. Salah satu penyebab tersebut adalah karena pusing merupakan gejala awal dari adanya risiko serangan jantung. Bisanya, pusing yang menjadi gejala atau ciri-ciri dari risiko jantung akan dibarengi dengan perasaan tidak nyaman serta nyeri dada. Jika kamu mengalami hal ini, usahakan untuk segera periksa ke dokter ya.

    Nyeri Dada

    Beberapa study menyebutkan jika ciri atau gejala awal dari serangan jantung adalah nyeri dada. Meski nyeri dada ini tak hanya sebagai penyebab risiko jantung, alangkah baiknya jika kita tetap segera memeriksakan nyeri dada ini ke dokter. Apalagi, jika nyeri dada ini sering terjadi pada kita.

    Sesak Nafas

    Sesak nafas juga dipercaya sebagai gejala awal dari risiko serangan jantung. Ketika seseorang mengalami sesak nafas, bisa saja hal ini terjadi karena adanya pembuluh darah yang menghambat aliran darah yang sedang didistribusikan ke seluruh tubuh. Jika hal ini sampai terjadi, secara langsung maupun tidak langsung, organ jantung pun tak akan bekerja dengan baik dan memicu adanya serangan jantung.

    Mual

    Gejala awal serangan jantung selanjutnya adalah mual. Biasanya, mual ini terjadi pada perut bagian dalam. Tidak jarang, mual ini akan membuat kita merasa tidak nafsu makan. Mual sebagai gejala awal dari serangan jantung biasanya dibarengi dengan pusing hebat, nyeri pada tubuh dan perasaan cemas.

    Pembengkakan Pada Anggota Tubuh

    Gejala awal dari serangan jantung yang ke lima adalah pembengkakan pada kaki atau bagian tubuh tertentu. Tapi, sebagian besar penderita jantung akan mengalami pembengkakan pada kaki. Pembengkakan ini sendiri terjadi karena adanya cairan yang menumpuk di bagian tubuh tersebut.

Ladies, itulah beberapa gejala awal dari risiko serangan jantung yang sangat perlu untuk kamu waspadai. Selain gejala di atas, gejala lain yang mungkin bisa kamu rasakan adalah, perasaan cemas yang tidak tahu sebabnya, keringat dingin semakin parah di malam hari dan pandangan kabur. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Jika kamu ingin terbebas dari masalah jantung, pastikan untuk selalu menjaga pola hidup dan konsumsi makanan serta minuman sehat. Hindari konsumsi minuman beralkohol dan rokok.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading