Sukses

Beauty

Ternyata, Tes Darah Bisa Mendeteksi Dan Mencegah Kanker Ovarium

Kamu mungkin tak suka ke rumah sakit atau pergi ke dokter untuk mendapat pengobatan atau takut disuntik, tapi ternyata jarum suntik bisa memberimu peringatan tentang kondisi kesehatanmu lho.
 
Berdasarkan sebuah penelitian yang baru saja diterbitkan pada 17 Desember 2015 di The lancet, menemukan bahwa tes darah tahunan untuk mengecek kondisi tubuh wanita dan menopause ternyata bisa menurunkan tingkat kematian kanker ovarium sebanyak 20%.

Seperti dijelaskan peneliti, kebanyakan kanker ovarium diketahui saat sudah memasuki stadium lanjut yang sudah serius dan 60% pasien pengidap kanker ovarium tidak meninggal dalam waktu 5 tahun.

Dengan menggunakan software yang telah dikembangkan untuk menganalisis tes darah, para peneliti berharap bisa mendeteksi kemungkinan munculnya kanker ovarium lebih awal ketika penyakit ini masih bisa diobati dan ditangani dengan perawatan intensif rumah sakit.

Ini adalah langkah besar untuk mengembangkan deteksi dini kanker ovarium yang sulit ditangani melalui screening. Percobaan dilakukan pada lebih dari 200.000 wanita yang berusia 50-74 tahun selama tahun kurang lebih 11 tahun. Ada tiga kelompok yang dibedakan dalam penelitian ini, 50% yang tidak diberi tes darah atau screening sama sekali, 25% yang melakukan tes darah tahunan dan 25% lainnya melakukan tes darah dan ultrasound.

Pada awalnya screening tak menunjukkan hasil yang signifikan, karena potensi setiap wanita berbeda-beda. Tapi ternyata dalam jangka waktu yang tidak sebentar itu peneliti menarik kesimpulan bahwa rata-rata penurunan kemungkinan kanker ovarium bisa mencapai 20%.
 
Meski begitu, masih butuh banyak pengembangan lain dalam hasil penelitian tersebut, dan dibutuhkan waktu bertahun-tahun dan tes darah pada ratusan dan mungkin ribuan wanita untuk menyelamatkan satu wanita dari kanker ovarium. Hal ini memang membutuhkan banyak waktu dan kesabaran.

Tapi perkembangan penemuan seperti ini sangat dibutuhkan sehingga para wanita bisa lebih hati-hati mencegah kanker ovarium. Bagi kamu yang takut jarum suntik, kamu mungkin bisa coba lawan rasa takutmu sebentar saja untuk melakukan tes darah untuk mengetahui potensi kanker ovarium dalam tubuh kamu ya. Yuk jaga kesehatan mulai dari sekarang ladies.  

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading