Sukses

Beauty

5 Manfaat Mengagumkan Daun Bawang Buat Kesehatan

Biasanya, daun bawang ditemukan di beberapa jenis masakan. Aromanya yang khas telah membuat daun bawang sebagai salah satu bumbu masakan tambahan yang bikin rasa masakan makin lezat dan nikmat. Tapi nih ya, selain bikin masakan masakan makin lezat dan nikmat, ternyata, daun bawang punya banyak manfaat mengagumkan untuk kesehatan lho. Dikutip dari laman boldsky.com, inilah beberapa manfaat mengagumkan dari daun bawang tersebut.

    Sumber Zat Besi

    Daun bawang dipercaya sebagai salah satu daun yang punya kandungan nutrisi berupa zat besi yang tinggi. Karena kandungan zat besi inilah, daun bawang dikatakan sebagai daun yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sel darah merah, hemoglobin dan sel jaringan di tubuh.

    Menjaga Kesehatan Jantung

    Manfaat selanjutnya dari daun bawang adalah, daun bawang dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung. Senyawa di dalam daun bawang yang sering kali disebut sebagai cycloaliin dikatakan sangat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi jantung dari berbagai serangan penyakit. Tak hanya menjaga kesehatan jantung, senyawa ini juga dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit aterosklerosis.

    Kaya Akan Antioksidan

    Study menyebutkan jika daun bawang kaya akan zat antioksidan yang sering disebut sebagai quercetin dan kemferfol. Karena zat antioksidan inilah, daun bawang dipercaya begitu baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

    Mengatasi dan Mencegah Infeksi

    Jika kamu ingin mengatasi dan mencegah terjadinya infeksi di tubuh, daun bawang bisa menjadi salah satu bahan alami yang dianjurkan untuk kamu manfaatkan. Beberapa study mengungkapkan jika nutrisi pada daun bawang sangat baik untuk mengatasi dan mencegah infeksi.

    Menurunkan Risiko Diabetes

    Manfaat selanjutnya dari daun bawang adalah, daun bawang bisa menurunkan risiko diabetes. Peneliti menemukan bahwa di daun bawang terkandung zat bernama phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida di mana zat ini memiliki sifat anti diabetes. Peneliti percaya bahwa zat ini bisa meningkatkan metabolisme glukosa dalam tubuh sekaligus mencegah degradasi insulin di dalam tubuh.


Itulah manfaat daun bawang untuk kesehatan. Selain manfaat di atas, manfaat lain dari daun bawang antara lain adalah, daun bawang rendah kalori sehingga bisa mencegah kegemukan, daun bawang tinggi akan kalium, daun bawang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa mengatasi masalah cacingan. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa untuk mulai menyukai daun bawang ya?



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading