Sukses

Beauty

Tanpa Disadari, 3 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Gigi Lho

Malas menggosok gigi dan tidak pernah memeriksakan diri ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali merupakan kebiasaan buruk yang dapat berakibat buruk pada kesehatan gigi kita. Namun, tidak hanya itu saja kebiasaan buruk yang perlu kita waspadai karena efek buruknya pada gigi. Disebutkan dalam laman www.everydayhealth.com, 3 kebiasaan ini juga (tanpa kita sadari) ternyata memberikan efek yang buruk pada kesehatan gigi kita, Ladies. Apa saja? Yuk, simak.

    Menyikat Gigi 2 Arah

    Sebagian besar dari kita mungkin memiliki kebiasaan menyikat gigi dengan gerakan horizontal, yaitu gerakan menyamping ke kanan dan kiri. Tanpa kita sadari, gerakan menyikat gigi yang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang ini ternyata dapat merusak gigi. Sebab, menyikat gigi secara dua arah ini dapat mengikis email gigi. Gerakan menyikat gigi secara horizontal merupakan gerakan yang statis yang membuat kita menyikat gigi di bagian itu-itu saja, akibatnya email gigi pada bagian yang kita sikat akan terkikis seiring dengan berjalannya waktu. Jika Anda juga memiliki kebiasaan menyikat gigi dengan cara ini, sebaiknya segera rubah kebiasaan ini dengan menyikat gigi secara memutar atas dan bawah dengan fokus menyikat pada bagian yang menyeluruh.

    Menggunakan Gigi Sebagai "Alat"

    Saat tidak sabaran ingin membuka bungkusan, entah itu camilan atau bungkusan dari plastik lainnya, apakah Anda lebih sering menggunakan gigi taring Anda daripada harus mencari gunting yang membutuhkan waktu? Jika iya, berarti Anda sudah membuat umur kesehatan gigi Anda berkurang. Sebab, gigi kita diciptakan bukan untuk melakukan tindakan-tindakan yang seharusnya tidak dilakukannya.

    Kebiasaan merobek bungkusan plastik dengan gigi atau bahkan membuka tutup botol dengan gigi, lama kelamaan akan membuat gigi rusak. Sebab, seiring bertambahnya usia , kondisi gigi akan menurun dan lebih rapuh. Jika Anda terbiasa memperlakukan gigi sebagai "alat," maka bukan tidak mungkin jika gigi dan gusi Anda akan mengalami kerusakan yang lebih cepat.

    Mengunyah Es Batu

    Suhu es batu yang sangat dingin sebenarnya bukanlah suhu yang ideal bagi bagian dalam mulut yang cenderung hangat. Ketika gigi ditempa benda keras dengan suhu dingin yang ekstrem, tekanan seringan apa pun bisa membuat enamel mengalami keretakan kecil. Nah, jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka retakan itu akan melebar dan menyebabkan gigi sensitif.

Nah, itulah 3 kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat membuat gigi mengalami kerusakan. Mulai sekarang, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dengan kebiasaan yang Anda lakukan ya. Sebab, kadang tanpa kita sadari, kebiasaan-kebiasaan itu justru memiliki efek yang buruk bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)
Artikel Selanjutnya
Putihkan Gigi Kuning Dalam Hitungan Menit Dengan Ramuan Ini!
Artikel Selanjutnya
Rahasia yang Harus Kamu Tahu Tentang Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi
: