Sukses

Beauty

4 Perbedaan Mendasar Serangan Jantung Pada Pria Dan Wanita

Serangan jantung bisa menyerang siapa saja, termasuk wanita. Namun tanda-tanda yang diperlihatkan serangan jantung pada wanita tidak seperti yang terlihat pada pria. Serangan jantung memiliki gejala berbeda pada wanita yang bahkan mungkin seringkali tak pernah terpikirkan bahwa itu sebenarnya adalah tanda serangan jantung.  

  1. Serangan jantung karena penyumbatan pembuluh arteri disebabkan plak pada wanita tidak berlangsung mendadak menyerang jantung, melainkan menimbulkan kerusakan terlebih dulu pada pembuluh darah sehingga menurunkan aliran darah ke jantung, di situlah serang jantung bisa terjadi.
  2. Dibanding dengan pria, tekanan darah tinggi menjadi penyebab paling kuat terjadinya serangan jantung pada wanita. Dan diabetes meningkatkan potensi serangan jantung lima kali lebih tinggi dari pria. 
  3. Untuk gejala nyeri pada dada, untuk wanita juga berbeda. Rasa sakit biasanya juga disertai keluhan mengalami nafas pendek-pendek, rasa sakit di punggung atau rahang, mual hingga muntah. 
  4. Dibanding dengan pria, wanita jarang mendapat rehabilitasi untuk serangan jantung karena perawatan serangan jantung standar tak cocok dengan serangan yang terjadi pada wanita. Itulah mengapa serangan jantung seringkali lebih berbahaya pada pria.



Menurut pernyataan yang diterbitkan pada 25 Januari secara online oleh American Heart Association journal Circulation menyebutkan bahwa inilah garis besar perbedaan serangan jantung pada wanita.

Karena serangan jantung pada wanita ini berbeda, wanita perlu mengecek kesehatan seperti mengetahui kondisi kolesterol, tekanan darah, kadar gula darah dan index massa tubuhnya sendiri. Selalu jaga pola hidup sehat dan hindari rokok.  

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading