Sukses

Beauty

9 Tanda Pada Kuku Ini Akan Mengungkap Rahasia Kesehatan

Sering kali kita memberikan perhatian yang lebih pada kuku. Mulai memberi warna, hingga mengecatnya dengan warna-warna cantik. Tapi tahukah Ladies, ternyata warna yang muncul pada kuku dapat menjadi tanda ada yang tidak beres pada tubuh kamu.

Yuk, simak petunjuk yang ada pada kuku seperti yang dilansir greatist.com berikut:

Garis Kecoklatan

copyright: greatist.com

Kemungkinan yang muncul dari garis kecoklatan pada kuku adalah tanda bahwa ada melancoma dalam tubuh. Melancoma adalah jenis paling serius dari kanker kulit. Jika muncul garis coklat pada kuku, segera konsultasikan pada dokter.

Garis Putih

copyright: greatist.com

Munculnya garis-garis horisontal pada kuku, merupakan tanda bahwa kuku tidak tumbuh dengan sempurna. Hal ini bisa jadi disebabkan karena adanya gangguan kuku kurang mendapat nutrisi yang baik. Segera periksakan diri kamu ke dokter, untuk memastikan kamu mendapat jumlah nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Garis Kasar

copyright: greatist.com

Jika kamu melihat adanya garis-garis kasar yang menumpuk pada kuku, hal ini merupakan pertanda dari efek samping penuaan. Efek ini adalah pertanda adanya keriput pada kuku. Jika pada kuku yang kasar ini muncul warna biru, segera konsultasikan pada dokter untuk memastikan tidak ada sesuatu yang berbahaya.

Kuku Cekung

copyright: greatist.com

Jika kamu memiliki kuku yang cekung, bisa jadi kamu menderita anemia. Jika kamu mendapati gejala ini, segera penuhi asupan zat besi agar kamu terhindar dari anemia.

Kuku Rapuh dan Kering

copyright: greatist.com

Kuku retak, kering dan rapuh merupakan hal yang biasa. Jika hal tersebut hanya terjadi sesekali saja, bisa jadi hal ini terjadi karena faktor eksternal seperti kamu bekerja terlalu lama dalam air. Namun hal ini akan berbeda jika kuku kamu menjadi terlalu sering rapuh, cobalah untuk konsultasikan pada dokter.

Warna Kuku Putih

copyright: greatist.com

Setiap orang memiliki garis sedikit warna putih pada kuku. JIka kuku kamu berwarna putih hampir semua bagian kuku, bisa jadi itu pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan organ tubuh kamu. Kuku berwarna putih merupakan pertanda adanya gagal ginjal dan penyakit hati.

Garis Merah

copyright: greatist.com

Coba teliti kuku kamu, jika ada garis warna merah seperti bekas terbanting kamu perlu berhati-hati. Tanda tersebut bisa jadi pertanda kondisi jantung kamu tidak beres. Hal ini menunjukkan adanya infeksi pada jantung. Infeksi jantung atau endokarditis, biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, dan risiko lebih tinggi untuk orang-orang yang telah ditanamkan perangkat jantung, kelainan jantung bawaan, riwayat penggunaan narkoba, atau telah mengalami serangan jantung. Hal ini dapat disertai dengan gejala seperti flu, penurunan berat badan, nyeri otot, batuk, dan banyak lagi.

Kuku Penyok

copyright: greatist.com

Penyok pada kuku atau biasa disebut dengan pitting merupakan gejala psoriasis, yaitu kondisi kronis pada kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit menjadi gatal, bersisik dan muncul ruam.

Kuku Melengkung dan Bulat

copyright: greatist.com

Jika kuku kamu terlihat melengkung dan bulat seperti sendok terbalik, bisa jadi itu pertanda clubbing. Clubbing adalah masalah paru-paru, di mana kondisi paru-paru menyebabkan kadar oksigen lebih rendah dari kadar normal dalam darah.

Demikian 9 tanda yang ada pada kuku dan dapat mengungkap kondisi kesehatan kamu. Semoga bermanfaat Ladies.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading