Sukses

Beauty

6 Alasan Kenapa Kamu Mengalami Menstruasi Yang Menyakitkan

Hampir semua wanita pasti pernah merasakan kram atau nyeri di bagian bawah perut atau punggung saat tiba waktunya menstruasi, namun beberapa wanita tak hanya mengalami kram ringan dan cepat hilang saat sudah menemukan penyebabnya.

Tapi beberapa wanita bisa saja mengalami menstruasi yang menyiksa karena rasa sakit yang tak tertahankan, bahkan bisa sampai tidak kuat berdiri. Wanita bisa mengalami menstruasi yang berat karena kondisi medis yang disebut endometriosis, dan hal ini tak bisa diabaikan. Tapi wanita normal lain juga bisa sesekali mengalami mens yang berat, dan ini dia alasannya.

    Penurunan berat badan

    Menstruasi berat bisa terjadi jika kamu sedang menjalankan diet ketat dan berat badan turun banyak. Jika diet yang kamu jalani tidak sehat, ini bisa mempengaruhi pendarahan saat menstruasi. Begitu juga jika kamu makan junk food, sebuah penelitian menunjukkan bahwa gadis yang makan lebih banyak junk food cenderung mengalami mens yang berat.

    Usia tua menjelang menopause

    Saat usia masih remaja, menstruasi biasanya lebih lama, namun seiring bertambahnya umur, menstruasi akan terjadi lebih teratur namun juga lebih pendek hingga usia mencapai 40 atau 50 tahunan. Biasanya wanita akan mengalami menstruasi yang menyakitkan ketika memasuki masa sebelum menopause atau pre-menopause.

    Kurang atau justru terlalu banyak olahraga

    Kurang itu tidak baik, begitu juga jika berlebihan, begitu juga dengan olahraga. Wanita kurang olahraga cenderung mengalami mens yang menyiksa karena kurang melatih otot dan peredaran darah kurang lancar. Begitu pula jika olahraga berlebihan, kamu bisa saja tidak mengalami mens selama sebulan lebih.

    Kelebihan berat badan

    Wanita-wanita gemuk hingga obesitas biasanya mengalami menstruasi yang buruk dan terkadang tak teratur. Penelitian menemukan bahwa hal ini terjadi karena pengaruh hormonal, seperti tidak teraturnya kadar insulin dan estrogen.

    Pil KB

    Jika kamu sedang mengonsumsi obat KB, seringkali juga berpengaruh pada siklus dan pendarahan saat menstruasi, bahkan frekuensi kram perut. Coba konsultasikan dengan dokter untuk mengatasinya, jika tidak cocok dengan pil KB, kamu bisa menggantinya.

    Ada yang salah dengan tubuhmu

    Jika semua alasan di atas sepertinya tak masuk kriteria sakitmu saat menstruasi, mungkin kamu harus periksa ke dokter. Karena bisa jadi rasa sakit ini disebabkan oleh tumor jinak, adanya miom (fibroid) yang tumbuh di rahim dan lain sebagainya. Sindrom yang disebut Polycystic Ovarian Syndrome juga bisa terjadi.

Yang kamu perlukan adalah mengetahui alasan di balik menstruasi menyakitkan yang  kamu alami. Terkadang, alasannya cukup simpel, seperti misalnya dehidrasi, menstruasi adalah hal yang sehat selama kamu tak mengalami masalah serius yang membahayakan.

(vem/feb)
;
Loading