Sukses

Beauty

Waspada, Inilah 5 Penyebab Leher Kaku Namun Jarang Disadari

Sakit leher atau leher kaku umum dirasakan oleh semua orang. Biasanya, kondisi ini akan membaik beberapa hari kemudian meskipun tidak diobati. Bagi sebagian besar orang, leher kaku merupakan kondisi yang wajar dan tidak berbahaya. Tapi jangan salah Ladies. Dikutip dari laman healthline.com, leher kaku bisa menjadi tanda dari beberapa penyakit berbahaya seperti halnya darah tinggi, adanya saraf leher yang terjepit atau karena gejala awal dari meningitis. Leher kaku juga sering kali dikaitkan dengan gejala awal dari adanya risiko kanker, HIV/AIDS dan penyempitan saraf pada tulang belakang pada diri seseorang.

Sebenarnya, leher kaku ini disebabkan oleh apa sih? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan leher kaku. Penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Beban Pikiran atau Stres

    Penyebab pertama dari leher kaku adalah beban pikiran yang terlalu berat atau stres. Ketika seseorang dilanda stres berat, tidak jarang hal ini akan membuat lehernya sakit dan kaku. Beberapa ahli kesehatan menyebutkan jika beban psikologis menjadi penyebab utama dari beberapa penyakit termasuk leher kaku. Jika kamu ingin terbebas dari segala penyakit termasuk bebas dari leher kaku, usahakan agar tidak terlalu stres ya.

    Kelelahan

    Penyebab kedua dari leher kaku adalah kelelahan. Lelah yang berlebihan dipercaya akan membuat seseorang lebih mudah terserang leher kaku. Aktivitas yang berat dikatakan akan membuat otot-otot di tubuh menjadi tegang. Ketika otot di tubuh tegang, secara tidak langsung hal ini juga akan membuat otot leher tegang dan terjadilah leher kaku atau kram leher. Selain kelelahan, rasa lapar berlebih juga bisa menyebabkan leher kaku. Mungkin, leher kaku karena kelaparan jarang terjadi. Tapi jangan salah, beberapa kasus menunjukkan bahwa kelaparan menjadi penyebab dari leher kaku.

    Posisi Tidur Yang Tidak Tepat

    Hal selanjutnya yang membuat leher mengalami kaku atau kram adalah posisi tidur yang tidak tepat atau salah. Dari banyak kasus yang ada, para penderita leher kaku mengaku merasakan sakit leher saat ia bangun tidur. Untuk mengatasi hal ini, pastikan untuk memakai bantal yang nyaman. Usahakan pula agar tidur dalam posisi yang paling nyaman. Jika terlanjur mengalami leher kaku, ringankan hal ini dengan memijat lembut leher kamu dan istirahat cukup.

    Jarang Bergerak

    Penyebab leher kaku selanjutnya adalah jarang bergerak atau tubuh yang terlalu pasif. Para ahli mengatakan bahwa tubuh yang jarang bergerak akan menjadikan tubuh mudah lelah, leher kaku dan sakit semua. So, usahakan agar memiliki gerak yang cukup ya Ladies. Usahakan pula agar olahraga cukup setiap hari.

    Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi

    Untuk penyebab leher kaku selanjutnya adalah kolesterol tinggi dan darah tinggi. Jika kamu berisiko mengalami kolesterol tinggi dan darah tinggi, tidak jarang hal ini akan menyebabkan leher kaku atau sakit. Tak hanya leher kaku, kolesterol tinggi dan darah tinggi ini juga ditandai dengan rasa sakit serta penat di pundak. Jika kamu mengalami hal ini, segera periksakan segera kondisi kesehatan kamu ke dokter atau rumah sakit terdekat.


Ladies, itulah beberapa penyebab dari leher kaku. Untuk mengatasi leher kaku, disarankan agar kamu memeriksakan diri ke dokter. Disarankan juga agar kamu mengatasinya dengan minum obat leher kaku, melakukan terapi penyembuhan leher kaku, melakukan suntikan steroid atau jika sudah parah lakukan operasi. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semua terhindar dari segala masalah kesehatan termasuk leher kaku ya. Oh iya, jangan lupa untuk terapkan pola hidup sehat, istirahat cukup, minum air putih cukup, olahraga cukup dan hindari stres berat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading