Sukses

Beauty

Masih Muda Kok Ubanan? Ternyata Ini Lho Jawabannya

"Masih muda kok ubanan?"

Tak asing dengan pernyataan ini? Selama ini anggapan umum beredar bahwa uban muncul pada orang-orang yang telah lanjut usia. Rambut berwarna keperakan ini nyatanya muncul tak hanya pada orang tua, tetapi juga kita yang masih muda, bahkan remaja!

Jika uban muncul di sela-sela helaian rambut indahmu, jangan keburu panik dan menuduh diri sendiri mengalami gejala penuaan dini, Ladies. Karena ternyata uban yang muncul di usia muda disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari dalam diri sendiri maupun gen, seperti yang dilansir oleh goodhousekeeping.com:

    Faktor Genetika

    Gen dan etnis mempengaruhi munculnya rambut putih lho. Orang Kaukasia akan memiliki uban terlebih dahulu daripada orang-orang yang berambut merah. Orang-orang Asia menempati peringkat kedua, kemudian Afrika-Amerika. Namun peneliti masih belum dapat menemukan penyebabnya.

    Stress

    Stress tidak akan serta-merta memunculkan uban di rambutmu. Tetapi stres dapat menjadi pemicu berbagai masalah kulit dan rambut. Salah satu pertanda stres adalah kerontokan rambut yang mana akan membuat pertumbuhan rambut dengan warna yang berbeda.

    Gaya Hidup

    Kurangnya vitamin B12 dan merokok adalah pencetus munculnya uban lebih dini. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan minimnya pigmen rambut sehingga uban muncul.

    Pertambahan Usia

    Yup, pertambahan usia adalah hal yang tak bisa kita lawan. Dermatologis mengatakan ada rumus yang bisa disimpulkan yaitu 50-50-50: 50 persen populasi manusia mendapati 50 persen uban di rambutnya di usia 50 tahun. Dan seperti kulit, rambut akan berubah tekstur seiring bertambahnya usia kita.

Nah, jika di usia muda kamu sudah memiliki uban, nggak usah khawatir dan tidak percaya diri, Ladies. Kamu masih punya banyak pilihan untuk tampil keren dengan rambut beruban, misalnya dengan memotongnya asimetris atau berani bermain dengan warna-warni yang mencolok. Try to be different, cover up your weakness and be confident!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading