Sukses

Beauty

Agar Tak Mudah Gemuk di Usia Tua, Lakukan Kebiasaan Ini Sekarang

Dengan bertambahnya usia, metabolisme tubuh pun ikut melambat. Proses pembakaran kalori dan energi jadi tidak sesempurna saat masih remaja atau awal 20 tahunan. Alhasil, lemak pun jadi cepat menumpuk dan menyebabkan kegemukan.

Pertambahan usia memang tidak bisa dicegah, tapi untuk tetap sehat dengan berat tubuh ideal sampai tua, bisa kita usahakan. Disebutkan dalam laman www.mayoclinic.org, beberapa penelitian telah menemukan beberapa cara agar tubuh tetap ideal dan tidak mudah gemuk walau usia terus bertambah. Membiasakan cara-cara ini sejak sekarang mungkin bisa membantu kita terhindar dari kegemukan saat usia mulai tua nanti. Simak ulasan selengkapnya, yuk!

  • Jangan Melewatkan Sarapan. Sarapan merupakan waktu makan terpenting dalam keseharian manusia. Selain untuk menjaga tingkat energi untuk beraktivitas hingga siang hari, sarapan juga mencegah obesitas. Studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan, risiko mengalami obesitas 4,5 kali lebih besar ketimbang yang rajin makan pagi.
  • Minum Cukup Air Putih. Hampir 60 persen tubuh kita adalah cairan, karena air putih penting untuk melancarkan proses metabolisme tubuh. Dalam sebuah studi yang melibatkan 173 wanita dengan kelebihan berat badan, responden yang menambahkan konsumsi satu liter air dalam dietnya setiap hari, berhasil menurunkan berat badan sebanyak 2,2 kg dalam setahun. Air putih, selain membantu meluruhkan racun-racun dan sisa makanan yang tak tercerna oleh tubuh, juga membuat perut terasa lebih kenyang sehingga keinginan untuk makan berlebihan pun bisa lebih dikontrol.
  • Tidur Cukup dan Berkualitas. Tidur yang berkualitas sedikitnya 6 hingga 8 jam sehari sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk menjaga berat badan tetap ideal. Studi yang dilakukan Harvard University mengungkapkan bahwa responden yang tidur kurang dari 6 jam sehari bertambah berat badannya secara signifikan ketimbang yang tidur 6-8 jam. Kurang tidur sudah terbukti bisa meningkatkan nafsu makan, tidak bersemangat dan cenderung membuat orang ingin menyantap makanan manis dan berkalori tinggi.
  • Kontrol Stres. Sulit memang mengontrol stres di tengah tekanan pekerjaan, belum lagi lalu lintas yang setiap hari padat. Tapi bukan berarti stres tidak bisa diatasi. Kala pikiran jenuh, khawatir atau tegang, kita bisa melakukan berbagai aktivitas yang membantu mengurangi stres misalnya dengan ikut kelas yoga, jogging atau relaksasi dengan aromaterapi. Mengatasi stres sangat penting karena stres yang tidak terkontrol bisa memicu kenaikan berat badan. Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang memicu penumpukan lemak di perut. Hormon ini juga mendorong tubuh untuk selalu ingin makan makanan enak yang berlemak demi mencari rasa nyaman.
  • Biasakan Tubuh untuk Bergerak. Berolahraga adalah cara yang paling mudah untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berat badan tetap ideal. Tapi, jika tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan olahraga secara rutin, bisa juga melakukan aktivitas ringan yang membuat tubuh bergerak. Aktivitas ringan tapi sering dilakukan dalam keseharian sangat bermanfaat banyak bagi tubuh, mulai dari membantu menurunkan kolesterol hingga gula darah, sampai menurunkan tingkat stres.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang agar tubuh tak mudah gemuk saat usia mulai menua nantinya. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading